Page 37 - Cyberbullying & Body Shaming
P. 37
Karyanti, M.Pd. & Aminudin, S.Pd.
k. Berusaha untuk tetap dekat dengan guru atau orang
dewasa lainnya selama istirahat.
l. Memiliki keterampilan komunikasi yang buruk: kontak
mata terbatas, postur tubuh buruk, badan bergoyang-
goyang, bergumam.
2. Tanda Akademik
a. Memiliki kesulitan tiba-tiba untuk bertanya atau
menjawab pertanyaan di kelas.
b. Tidak berpartisipasi dalam kegiatan kelas atau berinteraksi
dengan teman sebaya di kelas.
c. Menunjukkan penurunan mendadak dalam pekerjaan
kelas dan / atau pekerjaan rumah.
d. Kurang motivasi.
e. Tidak mencapai potensinya.
3. Tanda Emosional
a. Muncul cemas, tertekan, tegang.
b. Muncul sedih, tertekan, berair, menarik diri, tertutup.
c. Memiliki perubahan perilaku mendadak, misalnya. Tidak
mood, atau ‗memendamnya dan meluapkannya.
d. Lebih mudah marah atau marah dari biasanya, sarkastik,
bereaksi berlebihan.
e. Bantah dan katakan, ‗Saya baik-baik saja‘, meskipun ada
gejala kemarahan atau kesedihan.
f. Adalah kesal setelah panggilan telepon, pesan teks atau
email.
g. Tidak bahagia di akhir pekan atau hari libur sebelum
kembali ke sekolah.
30