Page 24 - False Information
P. 24

kesalahan opini,  berpotensi  mempengaruhi  opini  atau
                 keputusan  pembaca.  Contoh  informasi  palsu  yang  terdapat
                 pada  kategori  ini  adalah  review  produk  palsu  di  website  e-
                 commerce,  dimana  orang-orang  mengutarakan  pendapatnya
                 tentangproduk  kualitas.  Di  sisi  lain,  informasi  palsu  berbasis
                 fakta  melibatkan  informasi  yang  bertentangan,  mengarang,
                 atau menggabungkan informasi kebenaran dasar yang bernilai
                 tunggal.  Motif  dari  jenis  informasi  ini  adalah  untuk
                 mempersulit  pembaca  untuk  membedakan  informasi  yang
                 benar dari yang salah, dan membuat mereka percaya pada versi
                 informasi  yang  salah  (Pomerantsev  &  Weiss,  2014).  Jenis
                 informasi  palsu  ini  termasuk  berita  palsu,  rumor,  dan  tipuan
                 palsu.  Terdapat  penelitian  yang  signifikan  dalam  informasi
                 palsu  berbasis  opini  dan  berbasis  fakta,  dan  kami  akan
                 membahas keduanya dalamini survei.

                 Penyebaran  informasi  palsu  dapat  menimbulkan  masalah
            berikut:
              1.  Informasi  yang berisik, seperti informasi  yang tidak difilter,
                 tidak  profesional,  atau  tidak  diedit,  disebarluaskan  tanpa
                 verifikasi yang tepat di banyak saluran, jejaring sosial, serta
                 beberapa  outlet  media  yang  menyebabkan  kelebihan
                 informasi. Contoh kebisingan termasuk informasi yang tidak
                 lengkap, usang, dan bias, lelucon, kontradiksi, informasi yang
                 diterjemahkan secara tidak tepat, informasi yang dimodifikasi
                 oleh pihak yang tidak berwenang, informasi non-faktual, atau
                 kesalahan  ilmiah  (misalnya,  data  ilmiah  yang  dimanipulasi
                 dengan    sengaja)    (Kumar    &    Geethakumari,    2014).
                 Memusatkan  perhatian  pada  informasi  yang  kredibel  (atau
                 informasi  berharga)  dan  menyaring  kebisingan  cukup




                                                            False Information | 19
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29