Page 50 - False Information
P. 50

memiliki  kesamaan  pandangan  dan  minat  terhadap  konten
                 yang dibagikan (Park & Chung, 2012). Penelitian sebelumnya
                 menemukan  bahwa  rasa  memiliki  dan  kepercayaan  diperoleh
                 ketika  orang  berhubungan  satu  sama  lain  (C.  S.  Lee  &  Ma,
                 2012).

             4.  Lewatkan waktu dan berbagi false information
                      Waktu berlalu telah ditetapkan untuk menjadi prediktor
                 signifikan penggunaan media sosial secara umum (Kircaburun
                 &  Griffiths,  2018).  Ini  didefinisikan  sebagai  penggunaan
                 platform  media  sosial  untuk  mengurangi  kebosanan  dan
                 mengisi  waktu  (Kircaburun  &  Griffiths,  2018).  Hubungan
                 antara  waktu  berlalu  dan  berbagi  informasi  yang  salah  telah
                 ditetapkan  dalam  literatur  (Del  Vicario  et  al.,  2016).  Ini
                 menunjukkan bahwa ketika orang menggunakan media sosial
                 untuk  menghabiskan  waktu,  kecenderungan  mereka  untuk
                 memverifikasi  pesan  dengan  benar  sebelum  meneruskannya
                 cenderung  tidak  terjadi.  Di  sisi  lain,  penelitian  tidak
                 menemukan hubungan antara waktu berlalu dan berbagi berita
                 (Thompson  et  al.,  2020).  Selain  sosialisasi,  kepuasan  lewat
                 waktu adalah prediktor paling signifikan dari perilaku berbagi
                 berita.  Oleh  karena  itu,  kami  berpendapat  bahwa  karena
                 pengguna  media  sosial  terlibat  dalam  menghabiskan  waktu
                 dengan media sosial selama penguncian total yang disebabkan
                 oleh  pandemi  COVID-19  ini,  ada  kecenderungan  yang  lebih
                 kecil  untuk  memverifikasi  informasi  tentang  COVID-19
                 sebelum  dibagikan  dan  ini  dapat  menyebabkan  berbagi
                 informasi palsu. Berita (Choi, 2016).






                                                            False Information | 45
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55