Page 47 - False Information
P. 47

dan  memikirkan  keakuratannya  sebelum  meneruskan  ke  anggota
                            lain di jaringan mereka.


                            Faktor Penyebaran False Information


                            1.  Altruisme dan berbagi false information
                                      Altruisme  berarti  memberi  seseorang  sesuatu  tanpa
                                mengharapkan  imbalan  apa  pun.  Perilaku  altruistik  terjadi
                                ketika  individu  berbagi  dengan  orang  lain  tanpa  memikirkan
                                imbalan  apa  pun.  Berkaitan  dengan  berbagi  berita,  altruisme
                                dapat  digambarkan  sebagai  tindakan  menyebarkan  berita  dan
                                informasi tanpa mengharapkan imbalan atas tindakan tersebut
                                (Plume & Slade, 2018). Orang yang altruistik selalu memiliki
                                pikiran untuk melayani orang lain. Hal ini menunjukkan bahwa
                                ketika  orang  mencari  informasi  dan  berita,  orang  yang
                                altruistik selalu bersemangat untuk membagikan berita tersebut
                                untuk  membantu  tanpa  mengharapkan  imbalan  apa  pun  di
                                masa  depan.  Altruisme  secara  positif  terkait  dengan
                                pengumpulan  dan  penyebaran  informasi  secara  sukarela,
                                menunjukkan  bahwa  pengguna  media  sosial  akan  membantu
                                tanpa mengharapkan imbalan (Ma et al., 2014).
                                      Sejalan   dengan    pandangan     tersebut,   penelitian
                                menunjukkan  bahwa  penyebaran  berita  di  platform  media
                                sosial dilakukan untuk berkontribusi pada kohesi sosial. Selain
                                itu,  individu  yang  terlibat  dalam  aktivitas  semacam  itu
                                dimotivasi  oleh  pengaruh  emosional  dan  signifikansi  berita
                                yang mungkin diberikan kepada penerima (Duffy et al., 2019).
                                Penelitian  terbaru  menemukan  bahwa  orang  memiliki
                                kebiasaan berbagi informasi untuk membantu orang lain tanpa




                            42 | Laksminarti, Karyanti & Mita Sari
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52