Page 26 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 26
Pengertian Karakter
Homiak (Pala, 2011) kata bahasa Inggris 'karakter' berasal
dari Yunani yaitu charakter , yang awalnya disebut tanda yang
terkesan pada koin. Lebih umum, 'karakter' berarti suatu tanda
khusus dibedakan dari satu orang dengan orang lain, dan kumpulan
kualitas yang membedakan satu individu dari yang lain.
Menurut Kevin Ryan (Sudrajat, 2011) Kata character berasal
dari bahasa Yunani charassein, yaitu melukis atau menggambar
diatas kertas, memahat batu atau metal. Berdasarkan pendapat
tersebut, karakter kemudian diartikan sebagai tanda atau ciri yang
khusus, dan karenanya melahirkan sutu pandangan bahwa karakter
adalah ‗pola perilaku yang bersifat individual, keadaan moral
seseorang‘. Setelah melewati tahap anak-anak, seseorang memiliki
karakter, cara yang dapat diramalkan bahwa karakter seseorang
berkaitan dengan perilaku yang ada di sekitar dirinya
Pengertian Pendidikan Karakter
Character Education Partnership (Pala, 2011) pendidikan
karakter adalah gerakan nasional menciptakan sekolah yang
menumbuhkan etika, siswa yang bertanggung jawab dan peduli
dengan memodelkan dan mengajar karakter yang baik melalui
penekanan pada nilai-nilai universal. Pendidikan karakter
merupakan upaya proaktif yang dilakukan oleh sekolah dan
pemerintah untuk menanamkan nilai-nilai etis inti seperti
kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan penghargaan
diri sendiri dan orang lain dalam diri siswa. Pendidikan karakter
bukan ―perbaikan cepat.‖ Ini merupakan solusi jangka panjang yang
membahas masalah moral, etika, dan akademik yang menjadi
perhatian masyarakat kita dan kunci keamanan sekolah.
Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata 19