Page 27 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 27
Menurut Ratna Megawangi (Cahyono et al, 2018)
pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak-
anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan
mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka
dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya.
Menurut Zohar & Marshall (Zuchadi & Zuchadi, 2001) bagi
bangsa Indonesia, pendidikan juga harus dapat menyiapkan
peserta didik untuk dapat mengarahkan diri secara individual dan
kelompok supaya memperoleh bekal untuk mencapai kebahagiaan
akhirat. Peserta didik memerlukan pengembangan diri secara
holistik, yang meliputi aspek kecerdasan intelektual, emosional, dan
spiritual (Religius). Tanpa aspek yang terakhir ini, tidak mungkin
seseorang dapat menangkap makna kehidupan. Berikut Grand
Design Pendidikan Karakter
Gambar 1 Grand Design Pendidikan Karakter
Sumber: Kemendiknas
20 Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata