Page 27 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 27

Menurut  Ratna  Megawangi  (Cahyono  et  al,  2018)
                           pendidikan  karakter  adalah  sebuah  usaha  untuk  mendidik  anak-
                           anak  agar  dapat  mengambil  keputusan  dengan  bijak  dan
                           mempraktikannya  dalam  kehidupan  sehari-hari,  sehingga  mereka
                           dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya.
                                  Menurut Zohar & Marshall  (Zuchadi & Zuchadi, 2001) bagi
                           bangsa  Indonesia,  pendidikan  juga  harus  dapat  menyiapkan
                           peserta  didik  untuk  dapat mengarahkan  diri  secara  individual  dan
                           kelompok supaya memperoleh bekal untuk mencapai kebahagiaan
                           akhirat.  Peserta  didik  memerlukan  pengembangan  diri  secara
                           holistik, yang meliputi aspek kecerdasan intelektual, emosional, dan
                           spiritual  (Religius).  Tanpa  aspek  yang  terakhir  ini,  tidak  mungkin
                           seseorang  dapat  menangkap  makna  kehidupan.  Berikut  Grand
                           Design Pendidikan Karakter



























                                    Gambar 1 Grand Design Pendidikan Karakter
                                                 Sumber: Kemendiknas





                            20                       Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
                                        Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32