Page 40 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 40

simulasi  dan  permainan.  (Modul  Diklat  Implementasi  Kurikulum
            2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014).

            Langkah-langkah Bimbingan Klasikal

                    Modul  Diklat  Implementasi  Kurikulum  2013  untuk  Guru
            BK/Konselor,  (2014)  mencantumkan  langkah-langkah  layanan
            format klasikal (bimbingan klasikal) sebagai berikut:
             1.  Pertama,  Guru  BK  atau  konselor  dapat  memberikan  layanan
                 format  klasikal  sesuai  dengan  tuntutan  pencapaian  tujuan
                 pendidikan  nasional.  Dalam  proses  perencanaan  dan
                 pelaksanaan  layanan  format  klasikal  dapat  dilakukan  dalam
                 lima  langkah,  yaitu  menentukan  tujuan,  melakukan  penilaian
                 awal, membuat program yang obyektif dan konkret, membuat
                 desain  aktivitas  pembelajaran,  dan melakukan  penilaian  serta
                 tindak  lanjut.  Layanan  format  klasikal  dapat  dilakukan  oleh
                 Guru  BK  atau  konselor  yang  mampu dan  bertanggung jawab
                 untuk  memimpin,  membangun,  mengorganisir  pemberian
                 bimbingan  di  kelas.  Dalam  kaitan  ini,  Guru  BK  atau  konselor
                 harus mampu memahami situasi dan topik serta sesuai dengan
                 perkembangan peserta didik.
             2.  Kedua, Guru BK atau konselor sekolah hendaknya melakukan
                 kolaborasi  dengan  guru  ketika  membangun,  mengorganisir,
                 dan menunjukkan layanan format klasikal.
             3.  Ketiga, Guru BK atau konselor sekolah dapat bersama dengan
                 guru  untuk  merancang  dan  membuat  materi  layanan  format
                 klasikal dalam kurikulum regular yang dilakukan di sekolah.

                    Format  layanan  klasikal  (bimbingan  klasikal)  terbagi  dalam
            tiga  bagian  yaitu  permulaan,  pertengahan,  dan  akhir,  atau
            pendahuluan,  inti  dan  penutup.  (Modul  Diklat  Implementasi
            Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014) berikut penjelasan
            tahap layanan bimbingan klasikal:




             Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
             Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata      33
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45