Page 37 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 37

tatap  muka  terjadwal  dan  rutin  setiap  kelas/perminggu.
                           (Kemendikbut Buku Pedoman Bimbingan dan Konseling, 2014).

                           Tujuan Bimbingan Klasikal

                                  Layanan  bimbingan  klasikal  sebagai  salah  satu  pelayanan
                           bimbingan  dan  konseling  memiliki  tujuan  untuk  mengantarkan
                           aktivitas-aktivitas pelayanan yang mengembangkan potensi peserta
                           didik  atau  mencapai  tugas-tugas  perkembangannya  (menyangkut
                           aspek fisik, emosi, intelektual, sosial dan moral spiritual), sehingga
                           dapat  mencapai  tujuan  pendidikan.  (Modul  Diklat  Implementasi
                           Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014)
                                  Materi  layanan  bimbingan  klasikal  yang  dikembangkan
                           dalam  bidang  belajar  peserta  didik  bertujuan  sebagai  berikut:  1)
                           merencanakan kegiatan penyelesaian studi, 2) perkembangan karir
                           serta  kehidupan  peserta  didik  di  masa  yang  akan  datang,  3)
                           mengembangkan potensi dan kekuatan yang dimiliki peserta didik
                           secara optimal, 4) menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dan 5)
                           menyelesaikan  permasalahan  dalam  belajar  untuk  mencapai
                           kesuksesan  dalam  mencapai  tujuan  belajar.  (Modul  Diklat
                           Implementasi Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014)
                                  Bimbingan  klasikal  sebagai  salah  satu  strategi  dalam
                           pelayaran  bimbingan  dan  konseling  memiliki  tujuan  untuk
                           meluncurkan  (delivery  sytem)  aktivitas-aktivitas  pelayanan  yang
                           mengembangkan  potensi  siswa  atau  mencapai  tugas-tugas
                           perkembangannya (menyangkut aspek fisik,emosi,intelektual,sosial
                           dan  moral  spiritual),sehingga  dapat  mencapai  tujuan  pendidikan
                           (Buku  2  Materi  Kurikulum  2013  Bimbingan  dan  Konseling
                           SMA/SMK,  2014).  Dalam  konteks  penegmabangan  potensi  diri,
                           secara  spesifik  pelayanan  bimbingan  mempunyai  tujuan  agar
                           peserta didik dapat:
                           1.  Merencanakan  kegiatan  penyelesaian  studi,  perkembangan
                               karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang



                            30                       Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
                                        Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42