Page 37 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 37
tatap muka terjadwal dan rutin setiap kelas/perminggu.
(Kemendikbut Buku Pedoman Bimbingan dan Konseling, 2014).
Tujuan Bimbingan Klasikal
Layanan bimbingan klasikal sebagai salah satu pelayanan
bimbingan dan konseling memiliki tujuan untuk mengantarkan
aktivitas-aktivitas pelayanan yang mengembangkan potensi peserta
didik atau mencapai tugas-tugas perkembangannya (menyangkut
aspek fisik, emosi, intelektual, sosial dan moral spiritual), sehingga
dapat mencapai tujuan pendidikan. (Modul Diklat Implementasi
Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014)
Materi layanan bimbingan klasikal yang dikembangkan
dalam bidang belajar peserta didik bertujuan sebagai berikut: 1)
merencanakan kegiatan penyelesaian studi, 2) perkembangan karir
serta kehidupan peserta didik di masa yang akan datang, 3)
mengembangkan potensi dan kekuatan yang dimiliki peserta didik
secara optimal, 4) menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dan 5)
menyelesaikan permasalahan dalam belajar untuk mencapai
kesuksesan dalam mencapai tujuan belajar. (Modul Diklat
Implementasi Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014)
Bimbingan klasikal sebagai salah satu strategi dalam
pelayaran bimbingan dan konseling memiliki tujuan untuk
meluncurkan (delivery sytem) aktivitas-aktivitas pelayanan yang
mengembangkan potensi siswa atau mencapai tugas-tugas
perkembangannya (menyangkut aspek fisik,emosi,intelektual,sosial
dan moral spiritual),sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan
(Buku 2 Materi Kurikulum 2013 Bimbingan dan Konseling
SMA/SMK, 2014). Dalam konteks penegmabangan potensi diri,
secara spesifik pelayanan bimbingan mempunyai tujuan agar
peserta didik dapat:
1. Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan
karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang
30 Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata