Page 41 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 41

1.  Pada  tahap  permulaan  peserta  didik  melakukan  review
                               terhadap    tujuannya,   mencatat    perkembangan      dirinya,
                               memonitor  perkembangan  dan  dikaitkan  dengan  kebiasaan
                               dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
                           2.  Pada tahap pertengahan peserta didik belajar keterampilan dan
                               strategi baru yang bermanfaat dalam kehidupannya.
                           3.  Pada  tahap  akhir  layanan  format  klasikal  konselor  harus
                               mampu  mengajak  peserta  didik  untuk  melakukan  refleksi
                               berbagi pengetahuan dalam membuat desain atas tujuan yang
                               diinginkan. Pelaksanaan layanan format klasikal berpusat pada
                               peserta didik dan tidak boleh ditinggalkan adalah evaluasi dan
                               kekonsistenan Guru BK atau konselor dalam mengatur waktu
                               dan jadwal dalam keseluruhan kegiatan.

                                   Beberapa  langkah  pemberian  layanan  format  klasikal
                           (Modul  Diklat  Implementasi  Kurikulum  2013  untuk  Guru
                           BK/Konselor, 2014) yang perlu diperhatikan sebagai berikut.
                           1.  Melakukan  pemahaman  peserta  didik  dan  menemukan
                               kecenderungan kebutuhan layanan.
                           2.  Memilih  metode  dan  teknik  yang  sesuai  untuk  pemberian
                               layanan  format  klasikal  berdasarkan  materi  layanan.  Strategi
                               yang  dipilih  sebaiknya  layanan  berpusat  pada  peserta  didik
                               aktif belajar menemukan pengalaman belajar.
                           3.  Menyusun atau mempersiapkan materi layanan format klasikal
                               sesuai  hasil  pemahaman  kebutuhan  peserta  didik.  Materi
                               layanan  bimbingan  klasikal  hendaknya  memperhatikan  tujuan
                               bimbingan dan konseling dan tujuan pendidikan nasional.
                           4.  Memilih  sistematika  penyusunan  materi  yang  mencerminkan
                               adanya  kesiapan  layanan  format  klasikal  dan  persiapan
                               diketahui oleh Koordinator Bimbingan dan Konseling dan atau
                               Kepala Sekolah.
                           5.  Mempersiapkan  alat  bantu  untuk  melaksanakan  pemberian
                               layanan format klasikal sesuai dengan kebutuhan layanan.




                            34                       Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
                                        Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata
   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46