Page 42 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 42

6.  Melakukan  evaluasi  pemberian  layanan  format  klasikal  perlu
                 dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses, tepat tidaknya
                 layanan yang diberikan dan perkembangan sikap dan perilaku
                 atau tingkat ketercapaian tugas-tugas perkembangan.
             7.  Tindak  lanjut  dilakukan  sebagai  upaya  peningkatan  mutu
                 layanan  format  klasikal.  Kegiatan  tindak  lanjut  senantiasa
                 mendasarkan  pada  hasil  evaluasi  kegiatan  yang  telah
                 dilaksanakan.

            Peran Konselor dalam Bimbingan Klasikal


                    Guru  BK  atau  konselor  bertanggung  jawab  penuh  dalam
            (membangun  atau  melaksanakan),  memanage  (mengatur  atau
            mengelola) dan memimpin proses layanan yang diberikan kepada
            seluruh  peserta  didik.  Di  samping  itu,  dapat  bekerjasama  dengan
            guru  mata  pelajaran  ketika  membangun  atau  melaksanakan,
            mengatur  atau  mengelola  dan  memimpin  kegiatan.  (Modul  Diklat
            Implementasi Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014)

            Praktik Bimbingan Klasikal

             1.  Menyusun rencana pelaksanaan bimbingan klasikal
                 Rancangan  disusun  menggunakan  format  yang  mudah
                 dilaksanakan,  materi  dipilih  berdasarkan  (hasil  pengamatan
                 Guru  BK,  analisis  kebutuhan  peserta  didik  menggunakan
                 instrument  tertentu,  asumsi  teori  yang  diyakini  mempunyai
                 pengaruh  terhadap  perkembangan  peserta  didik,  kebijakan
                 sekolah/pemerintah  yang  harus  diberikan  kepada  peserta
                 didik),  metode  layanan  berpusat  pada  peserta  didik  aktif
                 menemukan  pengalaman  belajar,  dan  evaluasi  proses  dan
                 hasil.  Hal-hal  yang  harus  ada  di  dalam  format  Rencana
                 Pelaksanaan Layanan minimal memuat (1) adanya tujuan yang
                 akan  dicapai,  (2)  materi  yang  akan  diberikan,  (3)  langkah-



             Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
             Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata      35
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47