Page 38 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 38

2.  Mengembangkan  seluruh  potensi  dan  kekuatan  yang
                 dimilikinya seoptimal mungkin
             3.  Menyesuaikan  diri  dengan  lingkungan  pendidikan,lingkungan
                 masyarakat serta lingkungan kerjanya
             4.  Mengatasi  hambatan  dan  kesulitan  yang  dihadapi  dalam
                 studi,penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat,
                 maupun lingkungan kerja.

                    Layanan  bimbingan  klasikal  disajikan  oleh  Guru  BK  atau
            Konselor  dengan  menggunakan  berbagai  teknik  layanan  sesuai
            dengan  kebutuhan  peserta  didik.  Manfaat  layanan  klasikal  antara
            lain  sebagai  wadah  atau  media  (Modul  Diklat  Implementasi
            Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor, 2014) sebagai berikut:
             1.  Terjalinnya hubungan emosional dan kondusif antara Guru BK
                 dengan peserta didik/klien.
             2.  Terjadinya  komunikasi  langsung  antara  Guru  BK  dengan
                 peserta didik/klien yang memberikan kesempatan bagi peserta
                 didik/ klien dapat menyampaikan permasalahan kelas/pribadi di
                 kelas,
             3.  Terjadinya tatap muka, dialog dan observasi Guru BK terhadap
                 kondisi peserta didik dalam suasana belajar di kelas,
             4.  Terbahsanya berbagai materi yang mendorong pengembangan
                 kemampuan diri dan kemampuan pengendalian peserta didik.
             5.  Pengembangan  pikiran,  perasaan,  sikap  dan  kehendak,
                 tindakan dan tanggung jawab peserta didik/klien sebagai upaya
                 pencegahan,  penyembuhan,  perbaikan,  pemeliharan,  dan
                 pengembangan kemampuan partisipasi mereka

            Proses Menyusun Materi Bimbingan Klasikal

                    Layanan  klasikal  bukanlah  kegiatan  mengajar  atau
            menyampaikan materi pelajaran sebagaimana matapelajaran yang
            dirancang  dalam  kurikulum  pendidikan  di  sekolah,  melainkan




             Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
             Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata      31
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43