Page 33 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 33

Kesimpulan


                                  Pendidikan  karakter  adalah  pendidikan  yang  mengajarkan
                           peserta didik tentang perilaku, keterampilan dan sikap hidup yang
                           sesuai  dengan  norma  yang  berlaku  dimasyarakat  khususnya
                           bangsa  Indonesia  sehingga  peserta  didik  memiliki  kecerdasan
                           emosional  yang  baik,  memiliki  kecerdasan  intelektual  dan
                           kecerdasan spiritual yang baik. Pendidikan karakter adalah gerakan
                           nasional  menciptakan  sekolah  yang  menumbuhkan  etika  siswa
                           yang  bertanggung  jawab  dan  peduli  dengan  memodelkan  dan
                           mengajar  karakter  yang  baik  melalui  penekanan  pada  nilai-nilai
                           universal  yang  kita  semua  bagi. Pendidikan  karakter  merupakan
                           upaya untuk menanamkan dalam diri siswa nilai-nilai etis inti seperti
                           kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan penghargaan
                           diri sendiri dan orang lain.
                                  Tujuan  pendidikan  karakter  adalah  untuk  membentuk
                           kepribadian  peserta  didik  yang  efektif  sehingga  dapat  mengambil
                           keputusan  dalam  menyelesaikan  masalah  yang  dihadapi  di
                           kehidupan sehari-hari. Masa depan dunia remaja tergantung pada
                           karakter   masa    mudanya     dan   bagaimana     peserta   didik
                           memanifestasikan     diri   ketika    menjadi    warga     negara
                           dewasa. Karakter  cerdas,  komprehensif,  efektif  akan  berkontribusi
                           secara  signifikan  terhadap  masa  depan  positif  yang  dibutuhkan
                           dunia.  Pendidikan  karakter  dapat  dilaksanankan  berbasis  kearifan
                           lokal.  Kearifan  lokal  adalah  nilai-nilai  kebaikan  yang  merupakan
                           kecerdasan  manusia  yang  dimiliki  oleh  daerah  tertentu  yang
                           menjadi  pandangan  hidup  masyarakat  dan  diterapkan  dalam
                           kehidupan sehari-hari.









                            26                       Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
                                        Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38