Page 143 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 143
E. Keseimbangan Pembelajaran PKn
Pembelajaran, pertama pengetahuan yang lebih banyak
diajarkan oleh guru PKn dari pada sikap dan nilai dalam membentuk
karakter peserta didik di sekolah dasar berdasarkan visi dan misi.
Kedua, metode yang digunakan untuk membelajarkan mata
pelajaran PKn sesuai dengan taksonomi tujuan pendidikan yaitu
ceramah, mendikte, mencatat di papan tulis, memberi pengarahan,
dan motivasi.
Pembelajaran PKn dalam membentuk karakter peserta didik
berdasarkan taksonomi tujuan pendidikan.Usianya yang masih
muda, untuk mendukung pembelajaran industri 4.0 yang seperti
tersebut sekolah dasar harus memiliki fasilitas dan sarana prasarana
media pembelajaran yang lengkap dalam hal ini peralatan OHP,
LCD, dan multimedia tidak ada tetapi kamera digital, handycam,
lapangan olahraga/halaman, tanah untuk berkebun, perpustakaan,
kantin, dan ruang guru sudah ada. Sekolah dasar harus meningkatkan
berbagai sarana prasarana juga SDM. Dan juga yang paling penting
diperlukan disini adalah laboratorium PKn semacam tempat
pengenal berbagai kegiatan misal demokrasi dan pemerintahan.
Contoh: dalam Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk SK dan KD kelas III
terlihat bahwa 1) KD 2.3 Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku
di lingkungan masyarakat, KD ini sama dengan KD 4.2 di kelas I
135