Page 143 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 143

E.  Keseimbangan Pembelajaran PKn

                      Pembelajaran,  pertama  pengetahuan  yang  lebih  banyak
                  diajarkan oleh guru PKn dari pada sikap dan nilai dalam membentuk

                  karakter peserta didik di sekolah dasar berdasarkan visi dan misi.

                      Kedua,  metode  yang  digunakan  untuk  membelajarkan  mata

                  pelajaran  PKn  sesuai  dengan  taksonomi  tujuan  pendidikan  yaitu

                  ceramah, mendikte, mencatat di papan tulis, memberi pengarahan,
                  dan motivasi.


                      Pembelajaran  PKn  dalam  membentuk  karakter  peserta  didik
                  berdasarkan  taksonomi  tujuan  pendidikan.Usianya  yang  masih

                  muda,  untuk  mendukung  pembelajaran  industri  4.0  yang  seperti

                  tersebut sekolah dasar harus memiliki fasilitas dan sarana prasarana
                  media  pembelajaran  yang  lengkap  dalam  hal  ini  peralatan  OHP,

                  LCD, dan multimedia tidak ada tetapi kamera digital, handycam,
                  lapangan  olahraga/halaman,  tanah  untuk  berkebun,  perpustakaan,

                  kantin, dan ruang guru sudah ada. Sekolah dasar harus meningkatkan
                  berbagai sarana prasarana juga SDM. Dan juga yang paling penting

                  diperlukan  disini  adalah  laboratorium  PKn  semacam  tempat

                  pengenal berbagai kegiatan misal demokrasi dan pemerintahan.
                  Contoh:  dalam  Naskah  Akademik  Kajian  Kebijakan  Kurikulum

                  Pendidikan  Kewarganegaraan  (PKn)  untuk  SK  dan  KD  kelas  III
                  terlihat bahwa 1) KD 2.3 Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku

                  di lingkungan masyarakat, KD ini sama dengan KD 4.2 di kelas I





                                                 135
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148