Page 141 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 141

Ibu  Linda kurang pengalaman dalam organisasi, pergaulan dalam
                  masyarakat,  dan  perkembangan  pengetahuan  dari  luar  misalnya

                  mengembangkan banyak membaca dan suka browsing internet.
                      Dengan  memperkenalkan  istilah-istilah  dan  semboyan  dari

                  kebudayaan daerah setempat dalam setiap KD yang akan diajarkan

                  dalam  perbuatan  yang  nyata  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Untuk
                  Palangka Raya misalnya ”Huma betang” yang berarti kebersamaan.

                  Rumah besar yang dihuni oleh beberapa keluarga yang dapat hidup
                  rukun walaupun berbeda sifat tetapi dapat hidup bersama dan saling

                  membantu, ”Isen Mulang” artinya semangat pantang mundur apabila
                  berjuang dan menghadapi musuh, dan ”Oh Indang Oh Apang Oh

                  Pahari tuntang jalahan samandiai sahindai tau mampendeng petak

                  danum, uluh dayak ngaju” artinya Oh Ibu Oh Bapak Oh Saudara-
                  Saudara  dan  Teman-Teman  semua...Jangan  Cuma  berdiri-diri

                  menjual muka sebelum bisa membangun Tanah Air, orang Dayak

                  Ngaju.”
                      Juga di Kalimantan Tengah khususnya adalah mempunyai ciri

                  khusus  yaitu  bertutur  kata  yang  sopan  dan  ramah.  Setiap  peserta
                  didik menjadi mengetahui cara melakukan bertutur kata yang sopan

                  dan ramah dan melakukan aktivitas dengan menggunakan tangan
                  kanan.

                  D.  Nilai (civic participation/afektif)

                      Nilai  (civic  participation/afektif)  yang  diajarkan  guru  PKn

                  dalam membentuk  karakter  peserta  didik  di  sekolah,  berdasarkan

                  hasil penelitian strategi pembelajaran PKn yang diterapkan oleh guru
                  PKn  lebih  banyak  menggunakan  metode  ceramah,  mendikte,  dan



                                                 133
   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146