Page 146 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 146
pembelajaran. Dengan demikian KBK lebih berorientasi pada
penguasaan/pencapaian kompetensi tertentu melalui proses, baik
proses pembelajaran maupun proses penilaian (Baedhowi, 2010).
Upaya meningkatkan kualitas, profesionalitas dan karakter
pendidikan serta penerapan kurikulum yang baik dan bermutu
(Kurikulum 2013) merupakan sebagian upaya pemerintah untuk
mewujudkan pendidikan yang berkualitas demi meningkatkan mutu
dan karakter bangsa. McKay (2007) mengemukakan bahwa ”True
education, ”he explained, ”seeks to make men and women not only
good mathematicians, proficient linguists, profound scientists, or
brilliant literary, but also honest men with virtue, temperance, and
brotherly love.
B. Cara Belajar
Dalyono (2007) mengemukakan bahwa cara belajar seseorang
juga mempengaruhi hasil belajarnya.Ada orang yang sangat rajin
belajar, siang dan malam tanpa istirahat yang cukup.Cara belajar
seperti ini tidak baik. Dalam belajar harus ada istirahat untuk
memberi kesempatan kepada mata, otak serta organ tubuh untuk
memperoleh tenaga kembali. Cara dalam belajar perlu diperhatikan,
bagaimana cara membaca, mencatat, menggarisbawahi, membuat
kesimpulan, apa yang harus dicatat dan sebagainya.
1) Faktor Eksternal (yang berasal dari luar diri)
a. Faktor lingkunganKeluarga
Keluarga adalah ayah, ibu dan anak-anak serta family yang
menjadi penghuni rumah.Faktor orang tua sangat besar
138