Page 147 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 147
pengaruhnya terhadap keberhasilan anak dalam belajar.
Tinggi rendahnya pendidikan orang tua, besar kecilnya
penghasilan, cukup atau kurangnya perhatian atau bimbingan
orang tua, rukun atau tidaknya hubungan kedua orang tua,
akrab atau tidaknya hubungan orang tua dengan anak, semua
itu turut mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar anak
belajar anak.
b. Faktor Lingkungan Sekolah
Keadaan sekolah sangat mempengaruhi prestasi
belajarpeserta didik. Kualitas pendidik, metode
mengajarnya, kesesuaian kurikulum dengan kemampuan
peserta didik, keadaan fasilitas/perlengkapan di sekolah,
keadaan ruangan kelas, jumlah peserta didik dalam satu
ruangan, pelaksanaan tata tertib di sekolah, dan sebagainya.
c. Faktor lingkungan Masyarakat
Keadaan masyarakat juga menentukan keberhasilan
seseorang. Bila di sekitar tempat tinggal keadaan
masyarakatnya terdiri dari orang yangberpendidikan
terutama anak-anaknya rata-rata bersekolah tinggi dan
moralnya baik, hal ini akan mendorong anak untuk lebih giat
belajar. Namun sebaliknya, jika tinggal di lingkungan
banyak anak-anak yang nakal, tidak bersekolah dan
pengangguran, hal ini akan mengurangi semangat belajar dan
tentunya akan berpengaruh pada prestasi belajar anak.
d. Faktor Lingkungan Sekitar
Lingkungan tempat tinggal, sangat berpengaruh dalam
139