Page 151 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 151

Dari tabel di atas tampak pembelajaran KBK adalah demokratis

                  –  partisipatif,  kontekstual  dan  individual  –  klasikal.  Dewasa  ini
                  dikembangkan pembelajaran kontekstual, meskipun bagi PKn yang

                  menekankan  penggunaan  inkuiri  dan  menjadikan  masyarakat
                  sebagai  laboratoriumnya  bukan  merupakan  sesuatu  yang  asing.

                  Namun  memang  diakui  dalam  Kurikulum  1994  metoda  tersebut

                  hampir tidak pernah disentuh.

                      Pembelajaran       kontekstual     (Contextual      Teaching

                  Learning/CTL)  merupakan  konsep  belajar  yang  membantu  guru
                  mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia

                  nyata  siswa  dan  mendorong  siswa  membuat  hubungan  antara
                  pengetahuan  yang  dimilikinya  dengan  penerapannya  dalam

                  kehidupan mereka sehari – hari, dengan melibatkan tujuh komponen
                  utama     pembelajaran    efektif,   yakni   :    konstruktivisme

                  (Constructivism),  bertanya  (Questioning),  menemukan  (Inquiry),

                  masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling),
                  dan penilaian sebenarnya (Authentic Assesment) ( Direktorat PLP,

                  2003 : 5 - 20). Penjelasan masing – masing komponen CTL, sebagai

                  berikut.

                  Konstruktivisme  (Constructivism).  Konstruktivisme  merupakan

                  landasan  berpikir  (filosofi)  pendektan  CTL,  yaitu  bahwa
                  pengetahuan  dibangun  oleh  manusia  sedikit  demi  sedikit,  yang

                  hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas (sempit) dan tidak
                  sekonyong – konyong. Manusia harus mengkonstruksi pengetahuan




                                                 143
   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156