Page 156 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 156

l.     kuesioner
                  m.     pengukuran sosiometrik

                  n.     tes buatan guru
                  o.     tes standar prestasi

                  p.     portofolio

                  q.     tes standar psikologis


                      Dengan  demikian  PBK  dalam  KBK  menghendaki  penerapan

                  belajar  secara  kontekstual  (CTL)  yang  merupakan  suatu  inovasi.
                  Dikatakan  sebagai  suatu  inovasi  pembelajaran  karena  dirancang

                  untuk  membantu  peserta  didik memahami  teori  kewarganegaraan
                  melalui  pengalaman  belajar  praktek  –  empirik.  Kemudian  dalam

                  rangka  belajar  secara  kontekstual,  metode  yang  diharapkan
                  digunakan  adalah  :  kooperatif,  penemuan,  inkuiri,  interaktif,

                  eksploratif,  berpikir  kritis,  dan  pemecahan  masalah.  Untuk

                  SLTP/MTs ditekankan pada penggunaan pemecahan masalah.
                      Kemudian  penilaian  autentik  menghendaki  laporan  kepada

                  orang tua bukan hanya rapor, tetapi juga hasil karya siswa, laporan
                  hasil praktikum, karangan siswa, dll. Salah satu aspek untuk menilai

                  hasil  akhir  PBK  adalah  portofolio.  Portofolio  merupakan  hasil
                  belajar yang berupa rencana dan tindakan nyata yang ditayangkan

                  oleh  setiap  individu  atau  kelompok  dan  dinilai  secara  periodik

                  melalui  kompetisi  interaktif  –  argumentatif  pada  tingkat  kelas,
                  sekolah,  daerah  setempat,  dan  nasional.  Peserta  didik  kemudian

                  diberikan sertifikat keberhasilan dalam mengikuti kegiatan tersebut.

                  Bagaimana  mengembangkan  portofolo  kelas?  Portofolio  dikelas



                                                 148
   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161