Page 156 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 156
l. kuesioner
m. pengukuran sosiometrik
n. tes buatan guru
o. tes standar prestasi
p. portofolio
q. tes standar psikologis
Dengan demikian PBK dalam KBK menghendaki penerapan
belajar secara kontekstual (CTL) yang merupakan suatu inovasi.
Dikatakan sebagai suatu inovasi pembelajaran karena dirancang
untuk membantu peserta didik memahami teori kewarganegaraan
melalui pengalaman belajar praktek – empirik. Kemudian dalam
rangka belajar secara kontekstual, metode yang diharapkan
digunakan adalah : kooperatif, penemuan, inkuiri, interaktif,
eksploratif, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Untuk
SLTP/MTs ditekankan pada penggunaan pemecahan masalah.
Kemudian penilaian autentik menghendaki laporan kepada
orang tua bukan hanya rapor, tetapi juga hasil karya siswa, laporan
hasil praktikum, karangan siswa, dll. Salah satu aspek untuk menilai
hasil akhir PBK adalah portofolio. Portofolio merupakan hasil
belajar yang berupa rencana dan tindakan nyata yang ditayangkan
oleh setiap individu atau kelompok dan dinilai secara periodik
melalui kompetisi interaktif – argumentatif pada tingkat kelas,
sekolah, daerah setempat, dan nasional. Peserta didik kemudian
diberikan sertifikat keberhasilan dalam mengikuti kegiatan tersebut.
Bagaimana mengembangkan portofolo kelas? Portofolio dikelas
148