Page 159 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 159
bernegoisasi, melakukan konsensus , hal ini termasuk komponen
bertanya dan masyarakat belajar dari CTL. Mendatangi atau pejabat
publik di datangkan di kelas untuk dintanya keterkaitan dengan
perannya dalam masalah publik dapat dimasukan dalam komponen
modeling dari CTL. Kemudian untuk portofolio, relevansinya
tampak sekali pada aspek memonitoring dan mempengaruhi dari
ketrampilan partsipasi kewarganegaraan.
Dengan demikian civic skill dan civic dispositions apabila
diterapkan dengan baik dalam arti konsisten dalam PBK, maka dapat
dipastikan akan bernuansa CTL. Begitu pula dapat dinyatakan
bahwa kecakapan hidup (life skill) yang hendak dikembangkan
dalam KBK telah terakomodasi dalam civic skills dan civic
disposition. Life skill meliputi: kecakapan personal/pribadi
(personal skill), kecakapan berpikir rasional (thinking skill),
kecakapan sosial atau kecakapan interpersonal (social skill),
kecakapan akademik (cademic skill), dan kecakapan vokasional
(vocational skill) (Tim Broad Based Education, 2001 : 8-9).
Kecakapan personal meliputi : (1) pengahayatan diri sebagai
makhluk Tuhan Yang Maha Esa, sebagai anggota masyarakat dan
warga negara; (2) menyadari dan mensyukuri kelebihan dan
kekuarangan yang dimiliki, sekaligus menjadikannya sebagai modal
dalam meningkatkan dirinya sebagai indivisu yang bermanfaat bagi
dirinya sendiri dan lingkungannya. Kecakapan personal ini, telah
diakomodasi pada karakter warga negara baik yang bersifat privat
maupun yang publik.
Kecakapan berpikir rasional, mencakup: (1) kecakapan menggali
151