Page 159 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 159

bernegoisasi,  melakukan  konsensus  ,  hal  ini  termasuk  komponen
                  bertanya dan masyarakat belajar dari CTL. Mendatangi atau pejabat

                  publik  di  datangkan  di  kelas  untuk  dintanya  keterkaitan  dengan
                  perannya dalam masalah publik dapat dimasukan dalam komponen

                  modeling  dari  CTL.  Kemudian  untuk  portofolio,  relevansinya

                  tampak  sekali  pada  aspek  memonitoring  dan  mempengaruhi  dari
                  ketrampilan  partsipasi kewarganegaraan.

                      Dengan  demikian  civic  skill  dan  civic  dispositions  apabila
                  diterapkan dengan baik dalam arti konsisten dalam PBK, maka dapat

                  dipastikan  akan  bernuansa  CTL.  Begitu  pula  dapat  dinyatakan
                  bahwa  kecakapan  hidup  (life  skill)  yang  hendak  dikembangkan

                  dalam  KBK  telah  terakomodasi  dalam  civic  skills  dan  civic

                  disposition.  Life  skill  meliputi:  kecakapan  personal/pribadi
                  (personal  skill),  kecakapan  berpikir  rasional  (thinking  skill),

                  kecakapan  sosial  atau  kecakapan  interpersonal  (social  skill),

                  kecakapan  akademik  (cademic  skill),  dan  kecakapan  vokasional
                  (vocational skill) (Tim Broad Based Education, 2001 : 8-9).

                  Kecakapan  personal  meliputi  :  (1)  pengahayatan  diri  sebagai
                  makhluk Tuhan Yang Maha Esa, sebagai anggota masyarakat dan

                  warga  negara;  (2)  menyadari  dan  mensyukuri  kelebihan  dan
                  kekuarangan yang dimiliki, sekaligus menjadikannya sebagai modal

                  dalam meningkatkan dirinya sebagai indivisu yang bermanfaat bagi

                  dirinya  sendiri  dan  lingkungannya.  Kecakapan  personal  ini,  telah
                  diakomodasi pada karakter warga negara baik yang bersifat privat

                  maupun yang publik.
                  Kecakapan berpikir rasional, mencakup: (1) kecakapan menggali




                                                 151
   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164