Page 155 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 155
pembelajaran. Karena assesment menekankan proses pembelajaran,
maka data yang dikumpulkan harus diperoleh dari kegiatan nyata
yang dikerjakan siswa pada saat melakukan proses pembelajaran.
Data yang diambil dari kegiatan siswa baik di dalam kelas maupun
di luar kelas itulah yang disebut data autentik.
Dengan kata lain kemajuan belajar dinilai dari proses, bukan melulu
hasil, dan dengan berbagai cara. Tes hanya salah satunya. Itulah
hakekat penilian sebenarnya (authentic assesment). Penilaian
otentik atau juga dikenal penilaian berdasarkan perbuatan
(performance based assesment) menilai pengetahuan dan
ketrampilan /perbuatan yang diperoleh siswa. Penilai tidak hanya
guru, tetapi bisa juga orang lain. Hal –hal yang bisa digunakan
sebagai dasar menilai prestasi siswa, dalam PKn :
a. catatan kegiatan
b. catatan anekdot
c. catatan tindakan
d. koleksi pekerjaan
e. skala sikap
f. tugas individu
g. tugas kelompok atau kelas
h. diskusi
i. wawancara
j. catatan pengamatan atau observasi
k. peta perilaku
147