Page 155 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 155

pembelajaran. Karena assesment menekankan proses pembelajaran,
                  maka data yang dikumpulkan harus diperoleh dari kegiatan nyata

                  yang dikerjakan siswa pada saat melakukan proses pembelajaran.
                  Data yang diambil dari kegiatan siswa baik di dalam kelas maupun

                  di luar kelas itulah yang disebut data autentik.




                  Dengan kata lain kemajuan belajar dinilai dari proses, bukan melulu
                  hasil, dan dengan berbagai cara. Tes hanya salah satunya.  Itulah

                  hakekat  penilian  sebenarnya  (authentic  assesment).  Penilaian
                  otentik  atau  juga  dikenal  penilaian  berdasarkan  perbuatan

                  (performance  based  assesment)  menilai  pengetahuan  dan
                  ketrampilan /perbuatan yang diperoleh siswa. Penilai tidak hanya

                  guru,  tetapi  bisa  juga  orang  lain.  Hal  –hal  yang  bisa  digunakan

                  sebagai dasar menilai prestasi siswa, dalam PKn :
                  a.     catatan kegiatan

                  b.     catatan anekdot
                  c.     catatan tindakan

                  d.     koleksi pekerjaan
                  e.     skala sikap


                  f.     tugas individu
                  g.     tugas kelompok atau kelas

                  h.     diskusi

                  i.     wawancara
                  j.     catatan pengamatan atau observasi

                  k.     peta perilaku




                                                 147
   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160