Page 153 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 153

kemampuan  berpikir  siswa.  Bagaimana  penerapannya  di  kelas  ?
                  Pada semua aktivitas belajar bertanya dapat diterapkan

                  : antara siswa dengan siswa, antara guru dengan siswa, antara siswa
                  dengan guru, anatara siswa dengan orang lain yang didatangkan di

                  kelas, dsb.

                  Masyarakat belajar (Learninmg Community). Konsep masyarakat
                  belajar  menyarankan  agar  hasil  pemebelajaran  diperoleh  dari

                  kerjasama  dengan  orang  lain.  Dalam  kelas  CTL  guru  disarankan
                  selalu  melaksanakan  pembelajaran  dalam  kelompok  –  kelompok

                  belajar. Praktek masyarakat belajar terwujud dalam :

                        Pembentukan  kelompok  kecil;  Pembentukan  kelompok
                         besar;

                        Mendatangkan  ahli  ke  kelas  (tokoh  masyarakat,  politisi,

                         polisi, hakim, petani, buruh,dsb.);

                        Bekerja dengan kelas sederajat;
                        Bekerja kelompok dengan kelas di atasnya; Bekerja dengan

                         masyarakat.

                  Pemodelan  (Modeling).  Dalam  pembelajaran  ketrampilan  atau
                  pengetahuan, ada model yang bisa ditiru. Model itu bisa berupa cara

                  mengoperasikan sesuatu, contoh karya tulis. Atau, guru memberikan
                  contoh  mengerjakan  sesuatu.  Model  juga  dapat  didatangkan  dari

                  luar.  Contoh  praktek  pemodelan  di  kelas  :  Guru  mendatangkan
                  seorang    Kepala    Desa/Lurah,    Camat,    Hakim,     Anggota

                  BPD/DPRD/DPD, Pengacara, Wali Kota, Bupati, Pimpinan Partai

                  Politik,dsb., lalu siswa diminta bertanya dengan tokoh – tokoh itu.
                  Refleksi (Reflection). Refleksi adalah cara berpikir tentang apa yang



                                                 145
   148   149   150   151   152   153   154   155   156   157   158