Page 153 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 153
kemampuan berpikir siswa. Bagaimana penerapannya di kelas ?
Pada semua aktivitas belajar bertanya dapat diterapkan
: antara siswa dengan siswa, antara guru dengan siswa, antara siswa
dengan guru, anatara siswa dengan orang lain yang didatangkan di
kelas, dsb.
Masyarakat belajar (Learninmg Community). Konsep masyarakat
belajar menyarankan agar hasil pemebelajaran diperoleh dari
kerjasama dengan orang lain. Dalam kelas CTL guru disarankan
selalu melaksanakan pembelajaran dalam kelompok – kelompok
belajar. Praktek masyarakat belajar terwujud dalam :
Pembentukan kelompok kecil; Pembentukan kelompok
besar;
Mendatangkan ahli ke kelas (tokoh masyarakat, politisi,
polisi, hakim, petani, buruh,dsb.);
Bekerja dengan kelas sederajat;
Bekerja kelompok dengan kelas di atasnya; Bekerja dengan
masyarakat.
Pemodelan (Modeling). Dalam pembelajaran ketrampilan atau
pengetahuan, ada model yang bisa ditiru. Model itu bisa berupa cara
mengoperasikan sesuatu, contoh karya tulis. Atau, guru memberikan
contoh mengerjakan sesuatu. Model juga dapat didatangkan dari
luar. Contoh praktek pemodelan di kelas : Guru mendatangkan
seorang Kepala Desa/Lurah, Camat, Hakim, Anggota
BPD/DPRD/DPD, Pengacara, Wali Kota, Bupati, Pimpinan Partai
Politik,dsb., lalu siswa diminta bertanya dengan tokoh – tokoh itu.
Refleksi (Reflection). Refleksi adalah cara berpikir tentang apa yang
145