Page 157 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 157

dapat  dikembangkan  ketika  informasi  telah  dirasakan  cukup.
                  Portofolio  dikembangkan    meliputi  seksi  penayangan  dan  seksi

                  dokumentasi  (Budimansyah,  2002).  Portofolio  seksi  penayangan
                  bertugas  menyiapkan  empat  panel  tayangan  (  untuk  kelompok

                  portofolio satu, dua, ketiga dan empat). Bahan yang ditayangkan bisa

                  dalam bentuk : pernyataan tertulis, daftar sumber informasi, peta,
                  grafik,  foto,  gambar,  karikatur,  karya  seni,  dsb.  Sedangkan  seksi

                  dokumentasi, bertugas mendokumentasikan bahan-bahan yang bisa
                  berupa:  berita,  artikel,  gambar,  grafik,  tabel,  data  lengkap  hasil

                  wawancara,  data  hasil  analisis,  dsb.  Dokumentasi  disusun  dalam
                  empat  bab.  Bab  pertama,  berisi  tentang  penjelasan  masalah;  Bab

                  kedua,  tentang  kebijakan-kebijakan  alternatif  untuk  memecahkan

                  masalah;  Bab  ketiga,  tentang  usulan  kebijakan  alternatif  untuk
                  mengatasi  masalah;  dan  Bab  keempat,  berisi  tentang  rencana

                  tindakan.

                      Apabila  ketujuh  komponen  CTL  di  atas,  diterapkan  dalam
                  Praktek Belajar Kewarganegaraan , maka dalam proses belajar

                  Kewarganegaraan akan didapatkan indikator sebagai berikut :

                        KERJASAMA
                        SALING MENUNJANG

                        MENYENANGKAN, TIDAK MEMBOSANKAN

                        BELAJAR DENGAN GAIRAH PEMBELAJARAN

                         TERINTEGRASI

                        MENGGUNAKAN BERBAGAI SUMBER

                        SISWA AKTIF




                                                 149
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162