Page 157 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 157
dapat dikembangkan ketika informasi telah dirasakan cukup.
Portofolio dikembangkan meliputi seksi penayangan dan seksi
dokumentasi (Budimansyah, 2002). Portofolio seksi penayangan
bertugas menyiapkan empat panel tayangan ( untuk kelompok
portofolio satu, dua, ketiga dan empat). Bahan yang ditayangkan bisa
dalam bentuk : pernyataan tertulis, daftar sumber informasi, peta,
grafik, foto, gambar, karikatur, karya seni, dsb. Sedangkan seksi
dokumentasi, bertugas mendokumentasikan bahan-bahan yang bisa
berupa: berita, artikel, gambar, grafik, tabel, data lengkap hasil
wawancara, data hasil analisis, dsb. Dokumentasi disusun dalam
empat bab. Bab pertama, berisi tentang penjelasan masalah; Bab
kedua, tentang kebijakan-kebijakan alternatif untuk memecahkan
masalah; Bab ketiga, tentang usulan kebijakan alternatif untuk
mengatasi masalah; dan Bab keempat, berisi tentang rencana
tindakan.
Apabila ketujuh komponen CTL di atas, diterapkan dalam
Praktek Belajar Kewarganegaraan , maka dalam proses belajar
Kewarganegaraan akan didapatkan indikator sebagai berikut :
KERJASAMA
SALING MENUNJANG
MENYENANGKAN, TIDAK MEMBOSANKAN
BELAJAR DENGAN GAIRAH PEMBELAJARAN
TERINTEGRASI
MENGGUNAKAN BERBAGAI SUMBER
SISWA AKTIF
149