Page 158 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 158

  SHARING DENGAN TEMAN

                        SISWA KRITIS GURU KREATIF
                        DINDING KELAS DAN LORONG – LORONG PENUH

                         DENGAN HASIL KARYA SISWA:

                        ARTIKEL, POSTER, GAMBAR, DLL.
                        LAPORAN KEPADA ORANG TUA BUKAN HANYA

                         RAPOR TETAPI JUGA HASIL KARYA SISWA.

                      Sebagaimana telah dikemukan sebelumnya, bahwa PBK yang
                  dianut dalam KBK mata pelajaran Kewarganegaraan adalah belajar

                  secara kontekstual atau menerapkan prinsip  – prinsip CTL dalam

                  proses belajar Kewarganegaraan. Namun apabila dicermati bahwa
                  inti CTL sendiri berupa inkuiri, maka sesungguhnya bukan hal yang

                  baru bagi PKn/Kewarganegaraan. Sebab inkuiri merupakan metode
                  yang memang harus dikemban atau inheren dalam PKn. Begitu pula

                  dengan  portofolio,  yang  sebenarnya  dapat  dinyatakan  sebagai
                  pengembangan inkuiri yang didokumentasikan dan dikompetisikan.

                      Bagaimana penerapan civic skills dan karakter kewarganegaraan

                  dalam PBK ? Tentang hal ini dapat dijelaskan bahwa tuntutan dalam
                  PKn    untuk    mengembangkan       ketrampilan    dan   karakter

                  kewarganegaraan,  sesungguhnya  telah  terakomodasi  dalam  CTL
                  maupun portofolio. Hal itu dapat ditunjukkan, misalnya ketika siswa

                  diminta    untuk     menentukan     posisi/sikap   tentang    isu
                  kewarganegaraan     hal    ini   termasuk     dalam    komponen

                  konstruktivisme  dari  CTL.  Kemudian  misalnya,  ketika  siswa

                  dituntut untuk melakukan bertanya , berdskusi secara sopan-santun,





                                                 150
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163