Page 150 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 150

h.  Emotional Activities, seperti: menaruh minat, merasa bosan,
                         berani, gembira, gugup, senang.

                   D.  Praktik Pembelajaran PKn

                      Cholisin (2005)  mengemukakan bahwa praktek pembelajaran

                  PKn  harus  sesuai  dengan  kurikulum  yang  berlaku.  Kurikulum
                  dilaksanakan  oleh  semua  sekolah.  KBK  (Kurikulum  Berbasis

                  Kompetensi) merupakan kurikulum yang bertolak dari kompetensi,

                  menempatkan  siswa  sebagai  subyek  serta  memberikan  perhatian
                  pada  proses  dan  hasil.  Dengan  kata  lain  siswa  harus  diberikan

                  pengalaman  untuk  melakukan  pengetahuan  yang  telah  diterima
                  dalam pembelajaran dan guru diberikan otonomi akademik untuk

                  mewujudkan  standar  kompetensi.  Apabila  dibandingkan  antara
                  Kurikulum 1994 dengan KBK dapat dilihat pada tabel berikut ini.

                        Tabel 11. Perbandingan Kurikulum 1994 dengan KBK


                  ASPEK              KURIKULUM 1994        KBK
                  Kewenagan          Sentralistik          Desentralistik
                  Pengembangan       Top Down              Button Up
                                     Kurnas :  80 %        Kurnas   : 20 %
                                     Kur. Lokal : 20 %     Kur. Lokal :   80 %
                  Orientasi          Konten/Materi         Kompetensi
                  Kedudukan Siswa    Obyek                 Subyek
                  Ketrampilan/Skill   Academic skill       Life Skills : Personal skill, Thinking skill,
                                                           Social skill, Academic skill,
                                                           Vocational skill
                  Pembelajaran       Otoriter Tekstual     Demokratis – Partsipatif Kontekstual
                                     Klasikal              Individual – Klasikal
                  Penilaian          Tes                   Tes – Non Tes (Authentic
                                                           Assesment)



                                                 142
   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155