Page 149 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 149

dan rohani, yaitu:
                      a.  Keaktifan indera, yaitu pendengaran, penglihatan, peraba.

                      b.  Keaktifan akal, Akal peserta didik harus aktif untuk
                         memecahkan masalah.

                      c.  Keaktifan ingatan, pada waktu belajar, peserta didik harus

                         aktif menerima pelajaran yang diberikan oleh guru dan
                         menyimpannya dalam otak.

                      d.  Keaktifan emosi, dalam hal ini peserta didik hendaknya
                         berusaha mencintai pelajarannya.

                      Sadirman A.M (2001) menyebutkan bahwa jenis – jenis
                  aktivitas belajar adalah:

                      a.  Visual Activities, seperti: membaca, memperhatikan gambar,

                         memperhatikan demonstrasi orang lain
                      b.  Oral Activities, seperti: mengatakan, merumuskan, bertanya,

                         memberi  saran,  mengeluarkan  pendapat,  mengadakan

                         interview, diskusi interupsi
                      c.  Listening  Activities,  seperti:  mendengarkan:  uraian,

                         percakapan, diskusi, pidato
                      d.  Writing Activities, seperti: menulis cerita, karangan, laporan,

                         tes, angket, menyalin
                      e.  Drawing Activities, seperti: membuat: grafik, peta, diagram

                      f.  Motor Activities, seperti : melakukan percobaan, membuat

                         konstruksi model, mereparasi.
                      g.  Mental  Activities,  seperti:  menanggapi,  mengingat,

                         memecahkan  soal,  menganalisa,  melihat  hubungan,
                         mengambil keputusan




                                                 141
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154