Page 149 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 149
dan rohani, yaitu:
a. Keaktifan indera, yaitu pendengaran, penglihatan, peraba.
b. Keaktifan akal, Akal peserta didik harus aktif untuk
memecahkan masalah.
c. Keaktifan ingatan, pada waktu belajar, peserta didik harus
aktif menerima pelajaran yang diberikan oleh guru dan
menyimpannya dalam otak.
d. Keaktifan emosi, dalam hal ini peserta didik hendaknya
berusaha mencintai pelajarannya.
Sadirman A.M (2001) menyebutkan bahwa jenis – jenis
aktivitas belajar adalah:
a. Visual Activities, seperti: membaca, memperhatikan gambar,
memperhatikan demonstrasi orang lain
b. Oral Activities, seperti: mengatakan, merumuskan, bertanya,
memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan
interview, diskusi interupsi
c. Listening Activities, seperti: mendengarkan: uraian,
percakapan, diskusi, pidato
d. Writing Activities, seperti: menulis cerita, karangan, laporan,
tes, angket, menyalin
e. Drawing Activities, seperti: membuat: grafik, peta, diagram
f. Motor Activities, seperti : melakukan percobaan, membuat
konstruksi model, mereparasi.
g. Mental Activities, seperti: menanggapi, mengingat,
memecahkan soal, menganalisa, melihat hubungan,
mengambil keputusan
141