Page 136 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 136
dapat mengaitkan atau menjembatani kesenjangan yang terjadi
antara konsep peserta didik dengan konsep yang diharapkan
oleh kurikulum.
5. Memedomani peserta didik dengan berbagai konsep-konsep
arahan, atau mendorong peserta didik agar berhasil mencapai
pengertian baru atau dalam merestrukturisasi agar berhasil
mencapai pengertian baru atau dalam merestrukturisasi skema
konsepnya.
6. Melakukan tukar pikiran dan proses-proses meta kognitif,
sehingga peserta didik dapat melakukan refleksi terhadap proses
yang terjadi, titik kunci keputusan yang diambil, atau bagaimana
mereka mendapatkan kemantapan pengertian terhadap topic-
topik tertentu.
7. Mengelaborasi skema mereka dengan membantunya melihat
kaitan antara apa yang telah mereka ketahui dengan bidang-
bidang kajian antara apa yang telah mereka ketahui dengan
bidang-bidang kajian dan permasalahan yang terdapat di dalam
pendidikan. Guru sebagai motivator, diagnostician, guide,
innovator, experimenter, dan researcher (Osborne and Freyberg;
Posner et. al; Osborne, Bell and Gilbert; Cosgrove and Osborne)
(Al Muchtar, 2009).
Evaluasi!
Buatlah Tulisan tentang permasalahan yang terjadi pada peran
pendidik era industri 4.0 (cari jurnal sebagai bahan untuk dianalisis)
(maksimal 3 halaman)
128