Page 136 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 136

dapat mengaitkan atau menjembatani kesenjangan yang terjadi
                      antara  konsep  peserta  didik  dengan  konsep  yang  diharapkan

                      oleh kurikulum.
                   5.  Memedomani  peserta  didik  dengan  berbagai  konsep-konsep

                      arahan, atau mendorong peserta didik agar berhasil mencapai

                      pengertian  baru  atau  dalam  merestrukturisasi  agar  berhasil
                      mencapai pengertian baru atau dalam merestrukturisasi skema

                      konsepnya.
                   6.  Melakukan  tukar  pikiran  dan  proses-proses  meta  kognitif,

                      sehingga peserta didik dapat melakukan refleksi terhadap proses

                      yang terjadi, titik kunci keputusan yang diambil, atau bagaimana
                      mereka  mendapatkan  kemantapan  pengertian  terhadap  topic-

                      topik tertentu.
                   7.  Mengelaborasi  skema  mereka  dengan  membantunya  melihat

                      kaitan  antara  apa  yang  telah  mereka  ketahui  dengan  bidang-

                      bidang  kajian  antara  apa  yang  telah  mereka  ketahui  dengan
                      bidang-bidang kajian dan permasalahan yang terdapat di dalam

                      pendidikan.  Guru  sebagai  motivator,  diagnostician,  guide,
                      innovator, experimenter, dan researcher (Osborne and Freyberg;

                      Posner et. al; Osborne, Bell and Gilbert; Cosgrove and Osborne)
                      (Al Muchtar, 2009).


                  Evaluasi!

                  Buatlah  Tulisan  tentang  permasalahan  yang  terjadi  pada  peran

                  pendidik era industri 4.0 (cari jurnal sebagai bahan untuk dianalisis)
                  (maksimal 3 halaman)





                                                 128
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141