Page 132 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 132

masalah psikologis, stres akibat tekanan keadaan yang makin
                      komplek dan berat (Martadi, 2008).

                  B.     Peran Profesional Pendidik


                         Webster  (1989)  mengemukakan  bahwa  profesionalisme
                  berasal dari kata profesi yang artinya suatu bidang pekerjaan yang

                  ingin atau akan ditekuni oleh seseorang. Profesi juga dapat diartikan

                  sebagai  suatu  jabatan  atau  pekerjaan  tertentu  yang  mensyaratkan
                  pengetahuan  dan  keterampilan  khusus  yang  diperoleh  dari

                  pendidikan akademis yang intensif. Tilaar (2002)  mengemukakan

                  bahwa seorang profesional menjalankan pekerjaannya sesuai dengan
                  tuntutan  profesi atau dengan kata lain memiliki kemampuan dan

                  sikap sesuai tuntutan profesinya (Rusman, 2013).

                         Kartono  (dalam  Suharjo,  2006:61)  menyatakan  melalui

                  pendidikan  yang  diberikan  guru  di  sekolah,  diharapkan  dapat
                  dipupuk hal-hal sebagai berikut.

                   1.  Sikap  mental,  terutama  mentalitas  pembangunan,  semangat
                      persatuan, kerukunan dan kegotong-royongan.

                   2.  Moralitas,  budi  pekerti  yang  luhur,  mematuhi  nilai-nilai

                      kesusilaan  dan  kebaikan  untuk  melawan  egoisme  dan
                      individualisme yang semakin menjadi- jadi di masa kini.

                   3.  Disiplin  dan  etik kerja  yang tinggi untuk melawan apatisme,
                      defaitisme, fatalisme, mitos-mitos, dan irrasionalitas.

                   4.  Sikap  intelektual  kritis  dan  terbuka  terhadap  modernisasi,
                      teknokrasi dan industrialisasi.

                   5.  Kebajikan  paling  utama  berupa  rasa  rendah  hati,  yang




                                                 124
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137