Page 137 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 137
BAB VIII
KINERJA PENDIDIK PKn DI ERA INDUSTRI 4.0
Kompetensi Umum
Mengembangkan kompetensi mahasiswa memisahkan dan
mempertimbangkan kinerja pendidik PKn era industri 4.0 sesuai
dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Standar Kompetensi
Mahasiswa menrinci dan membedakan kinerja pendidik PKn era
industri 4.0 melalui tugas individu dan kelompok.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat menginterprestasikan, memahami, dan
menyimpulkan kualitas kinerja dan keseimbangan pembelajaran
PKn.
A. Kualitas Pendidik
Kualitas kinerja guru meliputi beberapa hal pokok yang
berkenaan dengan:
(1) Pengertian kinerja; (2) Kualitas kinerja; (3) Ukuran kualitas
kinerja. Kinerja adalah performance atau unjuk kerja. Noto Atmojo
(1992) mengemukakan bahwa kinerja dapat pula diartikan prestasi
kerja atau pelaksanaan kerja atau hasil untuk kerja (LAN, 1992).
Kinerja seseorang dipengaruhi beberapa faktor seperti ability,
capacity, held, incentive, environment, dan validity (Rusman, 2013).
Piet A. Sahertian menjelaskan bahwa standar kinerja guru itu
129