Page 137 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 137

BAB VIII

                        KINERJA PENDIDIK PKn DI ERA INDUSTRI 4.0


                  Kompetensi Umum


                        Mengembangkan  kompetensi  mahasiswa  memisahkan  dan
                  mempertimbangkan  kinerja  pendidik  PKn  era  industri  4.0  sesuai

                  dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
                  Standar Kompetensi


                  Mahasiswa  menrinci  dan  membedakan  kinerja  pendidik  PKn  era
                  industri 4.0 melalui tugas individu dan kelompok.

                  Kompetensi Dasar

                        Mahasiswa  dapat  menginterprestasikan,  memahami,  dan

                  menyimpulkan  kualitas  kinerja  dan  keseimbangan  pembelajaran

                  PKn.
                  A.  Kualitas Pendidik


                      Kualitas kinerja guru meliputi beberapa hal pokok yang
                  berkenaan dengan:


                      (1) Pengertian kinerja; (2) Kualitas kinerja; (3) Ukuran kualitas
                  kinerja. Kinerja adalah performance atau unjuk kerja. Noto Atmojo

                  (1992) mengemukakan bahwa kinerja dapat pula diartikan prestasi

                  kerja atau pelaksanaan kerja atau hasil untuk kerja (LAN, 1992).
                  Kinerja  seseorang  dipengaruhi  beberapa  faktor  seperti  ability,

                  capacity, held, incentive, environment, dan validity (Rusman, 2013).
                  Piet  A.  Sahertian  menjelaskan  bahwa  standar  kinerja  guru  itu




                                                 129
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142