Page 138 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 138

berhubungan  dengan  kualitas  guru  dalam  menjalankan  tugasnya
                  seperti: (1) Bekerja dengan siswa secara individual; (2) Persiapan

                  dan  perencanaan  pembelajaran;  (3)  Pendayagunaan  media
                  pembelajaran;  (4)  Melibatkan  siswa  dalam  berbagai  penalaman

                  belajar; dan (5) kepemimpinan yang aktif dari guru. Kualitas kinerja

                  guru  diukur  dari  hasil  pekerjaan  mereka  atau  produktivitas.  ISPI
                  (1995) hasil atau output dari produktivitas pendidikan dapat dilihat

                  pada bagan berikut.



                                                  1.  Efektivitas Prestasi
                                                     a.   Masukan yang merata sebagai
                                                        realisasi prinsip demokrasi
                                                        pendidikan
                                                     b.   Keluaran yang banyak,
                                                        bermutu, dan relevan dengan
                                                        kebutuhan pembangunan
                                                     c.   Nilai ekonomik yang baik
                                                        bagi keluaran khususnya
                                                        tamatan
                  Produktivtas Pendidikan            Proses:
                                                     a.   Menggairahkan dan memberi
                                                        motivasi siswa belajar
                                                     b.   Semangat dan disiplin
                                                        kerja yang tinggi kepada
                                                        guru
                                                     c.   Memiliki tingkat kepercayaan
                                                        berbagai pihak
                                                  2. Efisiensi
                                                  Menggunakan fasilitas, tenaga,
                                                  dana, dan waktu seminimal
                                                  mungkin tetapi dengan hasil yang
                                                  baik
                      Gambar 18. Kriteria Keberhasilan Produktivitas Pendidikan


                      Kriteria produktivitas pendidikan khususnya pembelajaran PKn
                  harus  memperhatikan  paradigma  baru  PKn.  Hal  ini  supaya

                  pembelajaran yang dilakukan disalah arah atau tidak tepat sasaran.





                                                 130
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143