Page 138 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 138
berhubungan dengan kualitas guru dalam menjalankan tugasnya
seperti: (1) Bekerja dengan siswa secara individual; (2) Persiapan
dan perencanaan pembelajaran; (3) Pendayagunaan media
pembelajaran; (4) Melibatkan siswa dalam berbagai penalaman
belajar; dan (5) kepemimpinan yang aktif dari guru. Kualitas kinerja
guru diukur dari hasil pekerjaan mereka atau produktivitas. ISPI
(1995) hasil atau output dari produktivitas pendidikan dapat dilihat
pada bagan berikut.
1. Efektivitas Prestasi
a. Masukan yang merata sebagai
realisasi prinsip demokrasi
pendidikan
b. Keluaran yang banyak,
bermutu, dan relevan dengan
kebutuhan pembangunan
c. Nilai ekonomik yang baik
bagi keluaran khususnya
tamatan
Produktivtas Pendidikan Proses:
a. Menggairahkan dan memberi
motivasi siswa belajar
b. Semangat dan disiplin
kerja yang tinggi kepada
guru
c. Memiliki tingkat kepercayaan
berbagai pihak
2. Efisiensi
Menggunakan fasilitas, tenaga,
dana, dan waktu seminimal
mungkin tetapi dengan hasil yang
baik
Gambar 18. Kriteria Keberhasilan Produktivitas Pendidikan
Kriteria produktivitas pendidikan khususnya pembelajaran PKn
harus memperhatikan paradigma baru PKn. Hal ini supaya
pembelajaran yang dilakukan disalah arah atau tidak tepat sasaran.
130