Page 139 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 139
Winataputra (2008) mengemukakan tugas PKn dalam
paradigma barunya mengemban tiga fungsi pokok, yakni
mengembangkan kecerdasan warga negara (civic intelligence),
membina tanggung jawab warga negara (civic responsibility) dan
mendorong partisipasi warga negara (civic participation). Al
Muchtar, dkk. (2009) mengemukakan strategi pembelajaran PKn
yang perlu dikembangkan guru sebagai guru PKn yang professional
yaitu 1) pengembangan keterampilan (civic skills), 2) pengembangan
wawasan kewarganegaraan (civic knowledge), 3) pengembangan
partisipasi kewargangeraan (civic participation), dan 4)
pengembangan tanggung jawab kewarganegaraan (civic
responbility).
B. Pengetahuan (civic knowledge/kognitif)
Pengetahuan (civic knowledge/kognitif) yang diajarkan guru
PKn dalam membentuk karakter peserta didik. Dari hasil penelitian,
strategi pembelajaran PKn yang diterapkan oleh guru PKn lebih
banyak menggunakan metode ceramah, mendikte, dan mencatat di
papan tulis serta evaluasi dengan menggunakan soal yang dicatat
dipapan tulis atau didiktekan untuk mentransfer pengetahuan dalam
membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar berdasarkan visi
dan misi.
Pembelajaran yang dapat dilakukan untuk menutupi kekurangan
tersebut dan memaksimalkan daya tangkap otak peserta didik adalah
setiap jadual mata pelajaran PKn, 1) guru dalam pembelajaran harus
menggunakan pakaian adat/daerah atau batik yang mempunyai ciri
131