Page 140 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 140
khas sesuai dengan daerah masing- masing. Dengan begitu
konsentrasi pembelajaran peserta didik menjadi terfokus sehingga
mengurangi keributan menjadi bermakna dan akhirnya menjadi
pengetahuan yang selalu diingat oleh peserta didik, dan 2)
menggunakan alat musik seperti gitar untuk bernyanyi bersama
menggunakan lagu-lagu nasional (yang terlupakan) atau lagu-lagu
daerah yang hampir tidak pernah terdengar di stasiun radio maupun
televisi swasta sehingga pola pembelajaran belajar sambil bermain
yang sesuai dengan kelas rendah dapat terlaksana. Peserta didik tidak
bosan, jenuh, dan merasa kelelehan.
Banyak generasi muda yang sudah melupakan bahkan tidak mau
tahu, sampai akhirnya negara lain yang ingin mematenkannya baru
semua tergerak ingin melindungi. Pengetahuan budaya daerah
masing-masing sudah sangat berkurang saat ini indikatornya adalah
bahwa civic knowledge guru PKn hanya berdasarkan SK dan KD
yang ada pada materi bukan pada pengetahuan yang juga berasal dari
lingkungan.
C. Sikap (civic skills/psikomotor)
Sikap (civic skills/psikomotor) yang diajarkan guru PKn dalam
membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Dari hasil
penelitian, strategi pembelajaran PKn yang diterapkan oleh guru
PKn lebih banyak menggunakan metode ceramah, mendikte, dan
mencatat di papan tulis serta memberi pengarahan dan motivasi
untuk mengajarkan sikap berperilaku dalam membentuk karakter
peserta didik di sekolah dasar berdasarkan visi dan misi.
132