Page 10 - Public Service
P. 10

mono  poli  alami,  peran  publik  utama  adalah  mengatasi
            kegagalan  pasar,  terutama  pencegahan  penyalahgunaan  posisi
            pasar.  Ini  dapat  berupa  kontrol  langsung  atas  produksi  dan
            investasi, meskipun banyak negara telah memprivatisasi layanan
            ini dalam beberapa tahun terakhir.
                  Alasan  utama  intervensi  terletak  pada  sisi  permintaan.
            Ketika  tidak  mungkin  untuk  membebankan  konsumen  secara
            langsung,  seperti  dalam  kasus  barang  publik  yang  tidak  dapat
            dikecualikan,  seperti  penegakan  hukum,  pertahanan,  dan
            administrasi  publik,  pemerintah  membiayai  layanan  tersebut,
            membayarnya atas nama semua konsumen. Biasanya pemerintah
            juga memproduksi jasa ini; setidaknya dalam penegakan hukum
            dan  pertahanan,  perannya  sangat  sentral.  Sebagian  besar
            pemerintah juga membiayai pendidikan: meskipun ada beberapa
            aspek  barang  publik,  perhatian  utama  adalah  bahwa  individu
            tidak  dapat,  atau  tidak  mau,  membayar  sendiri  pendidikan.
            Karena  pemerintah  memiliki  kepentingan  dalam  jenis  dan
            kualitas pendidikan  yang dibelinya,  mungkin ada alasan  untuk
            itu juga untuk berpartisipasi dalam produksi dalam memiliki dan
            mengelola  sekolah  dan  mempekerjakan  guru.  Pengaturan
            alternatif  dimungkinkan,  namun;  misalnya,  pendidikan  tinggi
            dapat dibeli dari institusi swasta dengan regulasi yang minim.
                  Perawatan kesehatan secara substansial disediakan secara
            pribadi  di  banyak  negara  (tetapi  dengan  peraturan  penyedia
            untuk  mengatasi  masalah  informasi  yang  meluas),  pemerintah
            sangat terlibat di sisi permintaan, membeli perawatan kesehatan
            secara langsung atas nama beberapa atau semua penduduk, atau
            memastikan  akses  melalui  skema  asuransi  sosial  (Grout  &
            College, 2003). Optimal secara pribadi, mungkin karena miopia
            atau kurangnya pemahaman tentang manfaat potensial ini adalah
            pembenaran  utama  untuk  wajib  belajar.  Argumen  kesetaraan
            untuk intervensi langsung didasarkan pada konsep Tobin (Grout


                                                                          3
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15