Page 191 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 191

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   4.
        7).  A  B  E  I   ( kuan galang )              =  R  A  I  H.   8). A  B  J  A  D  ( kuan galang )            =  A  B  J  A  D.
              1. A b e i    e i n?                           =  R  a  i  h    a p a?      1. A b j a d   e i n?                             =  A b j a d   apa?
              2. A b e i    a k u e                 =  R a i h   s a y a                           ( Orang ke S a t u ).    2. Abjad andaw male                  =  Abjad hari kemaren                    ( Waktu  Lampau ).
              3. A b e i    i k a w                 =  R a i h   k a m u                          ( Orang ke D u a  ).    3. Abjad andaw tueh                   =  Abjad hari ini                             ( Waktu Sekarang ).
              4. A b e i    i  y  e                    =  R a i h   d  i  a                             ( Orang ke T i g a ).    4. Abjad andaw jewue                =  Abjad hari besok                    ( Waktu akan Datang).
       Kuan galang mandinue xolakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran.           Kuan galang mandinu xolakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran.
       1.   Aloehpun bire-2 akue jadie tar’abei manjari xaoloen yazarjan, mandaieqan buhuet yatatus xuqial!=   1.   Alaei, bapire seyaen xauraesah bara abjad? amoen i’iesei andaw male ati due jowah jahawen! =
             Walaupun cita-2 saya sudah teraih menjadi seorang sarjana, menaikan posisi setatus sosial!         Ingat,berapa jumlah semuanya dari abjad? kalau dihitung hari kemaren ada dua puluh enam!
       2.   Baesae rahaet barjowang andue ma’abei bire-2, pagawiean ikaw te’i bangat behat, tahie, taruah! =   2.   Bara jeie inhapae aewie Qamus Qutaek Dayak Ngaju andaw tueh atonam abjad raiyener manu -
             Ketika sedang berjuang untuk meraih cita-2, pekerjaan kamu itu sangat berat, lama, teruji!         muen toetim Ximpun Qutaeq Dayak Ngaju aepie Piet Johanes Dadie! =  Dari yg dipakai oleh
       3.   Cuerat xajoah qitab ma’abei bire-2  i y e Piet Johanes Dadie, bargeire Qamus Qutak Dayak Ngaju!          Kamus Bahasa Dayak Ngaju hari ini adalah abjad moderen menurut sistym Tata Bahasa Dayak
             = Terbit sebuah buku meraih cita-2 d i a Piet Johanes Dadie, berjudul Kamus Bahasa Dayak Ngaju!         Ngaju versi Piet Johanes Dadie!
       4.   Duqduk-2 priaieng akue, qitab Ximpun Qutak Dayak Ngaju tar’abei qeya panutoran andue qamus!    3.   Catetan iexaeng abjad raiyener jadie ihapae bara nyelo xaquyan jalatien ratus lime jowah telo du -
             Berkas-2 pribadi saya, buku Tata Bahasa Dayak Ngaju teraih juga penjelasan untuk kamus!         khus qutak Dayak Ngaju dalaes andaw jewue!= Catatan tentang abjad moderen sudah dipakai dari
       5.   Empa panae ma’abei bire-2 tuntang ikaw metuh tueh ma’azae Qamus Qutak Dayak Ngaju, ilaq! =         tahun seribu sembilan ratus lima puluh tiga khusus bahasa Dayak Ngaju sampai hari besok!
             Tiba waktu meraih cita-2 dan kamu saat ini membaca Kamus Bahasa Dayak Ngaju, puas!   4.   Dalaes andaw male abjad raiyener ihapae manyurat ‘Qitab Saly’ mahapae qutak Dayak Ngaju! =
       6.   Frastaza-frestazi i y e olih mambranaiqan, ma’abei qathematan Qamus Qutak Dayak Ngaju, andal!         Sampai hari kemaren abjad moderen dipakai menulis ‘Buku Suci’ mamakai bahasa Dayak Ngaju!
             Prestasi-prestise d i a bisa menyelesaikan, meraih kesuksesan Kamus Bahasa Dayak Ngaju, hebat!   5.   Eweih bara qeton dalaes andaw tueh diyae tawa abjad raiyener? itah mahapae xaining bapander? =
       7.   Gulo’i akue ientue xaqxama ujun qathematan ma’abei qabarkolihan jeie diyae tarnahaeqan tueh? =         Siapa dari anda sampai hari ini tidak tau abjad moderen? kita memakai setiap berbicara!
             Awasi saya dengan seksama atas kesuksesan meraih keberhasilan yang tidak terkirakan ini?   6.   Fengqlef, qutak Dayak Ngaju dalaes andaw jewue mahapae abjad raiyener, xaqilaw tue’ueih! =
       8.   Haeis, andue ma’abei bire-2 manjari ain bara xaining oloen, tartame qeya ikaw te’i jeie itong! =         Dompleng, bahasa Dayak Ngaju sampai hari besok memakai abjad moderen, seperti sekarang!
             Harus, untuk meraih cita-2 menjadi hak dari setiap orang, termasuk juga kamu itu yang utama!   7.   Ganaen andaw male abjad qutak Dayak Ngaju, xauraes huruf atonam’belum’ jatun-ati jeie matei! =
       9.   Itieh ientue titiep andue ma’abei xaeleh qabarkolihan i y e jadie barqurban duit, panae, himaet! =         Karena hari kemaren abjad bahasa Dayak Ngaju, semua huruf adalah ‘hidup’ tidak-ada yang mati!
             Lisik dengan teliti untuk meraih suatu keberhasilan d i a sudah berkorban uang, waktu, tenaga!   8.   Haranan andaw tueh anjad qutak Indonesia huruf matei seyaenah due jowah ije, belum ati lime! =
       10. Jatun, ma’abei kabakolihan ziati barqurban, akue bagawie diyae xapurah maliyan luqap leinge! =         Sebab hari ini abjad bahasa Indonesia huruf mati jumlahnya dua puluh satu, hidup ada lima!
             Tidak, meraih keberhasilan tanpa berqorban, saya bekerja tidak semudah membalik telapak tangan!   9.   I’ajaer ma’atae abjad dalaes andaw jewue andue xindemat-2 huang qutak Dayak Ngaju, rentas? =
       11. Kabarkolihan maabei bire-2 diyae xaerae purah, anggong-tumbah ikaw qanhung aref-priaiem!=         Dilatih mengucapkan abjad sampai hari besok untuk kalimat-2 dalam bahasa Dayak Ngaju, lancar?
             Keberhasilan meraih cita-2 tidak perkara mudah, tanggung-jawab kamu kepada diri-pribadi!   10. Jahaei-2 jeie diyae tawa abjad andue andaw male, einkah oloen raiyener bute abjad? uguekah ikaw!
       12. Langkaie, jahaei,oloen olih dinue maabei bire-2, xajowah oloen ati ije i y e jeie barqolih, aemue!=         = Jarang-2 yg tidak tau abjad untuk hari kemaren, apakah orang moderen buta abjad? ragu kamu?
             Istimewa, jarang,orang bisa dapat meraih cita-2, sepuluh orang ada satu d i a yang berhasil, andai!   11. Kilenkueh ampi abjad raiyener jeie jadie inxampuraqakan? pangunah xaqilaw ihapae andaw tueh!=
       13. Mahien, xaining oloen ma’aeyue’i ain andue ma’abei bire-2, baqaqa’i qeya xaqilaw akue, tutue? =         Bagaimana rupa abjad yang sudah disempurnakan? bentuknya seperti dipakai hari ini!
             Justru, setiap orang mempunyai hak untuk meraih cita-2, begitu juga seperti saya, betul?   12. Lius manyurat abjad raiyener andaw jewue, targuhang huang Qamus Qutak Dayak Ngaju! =
       14. Ngecean bara qaturoen,tatejaen, qawal manjari pangpancat ma’abei bire-2, tartame ikaw balang!=         Akan menulis abjad moderen hari besok, terpampang dalam Kamus Bahasa Dayak Ngaju!
             Recokan dari keluarga, tetangga,teman menjadi penghambat meraih cita-2 termasuk kamu gagal!   13. Maejae oloen andaw male mahapae abjad tuntang qutak Dayak Ngaju, hanjaq angatah aewie olih!=
       15. Odat atonam buanan bara ma’abei bire-2, i y e manyurat Qamus Qutak Dayak Ngaju maampiqan         Menamu orang hari kemaren memakai abjad dan bahasa Dayak Ngaju, senang rasanya oleh bisa!
             buanan bara par’odatan oloen Dayak Ngaju! = Adab adalah bagian dari meraih cita-2, d i a menu-   14. Nahuang baejaer abjad raiyener tuntang qutaek Dayak Ngaju andaw tueh ueqae rentas bapander! =
             lis Kamus Bahasa Dayak Ngaju merupakan bagian dari peradapan orang Dayak Ngaju!         Niat belajar abjad moderen dan bahasa Dayak Ngaju hari i n i supaya lancar berbicara!
       16. Paneng, andue aref xabuat barqolih ma’abei bire-2, akue oloen jeie bar’rahayue ganaen te’i!=   15. Oziqkan, ientue halaf-2, amoen abjad tuntang qutaek Dayak Ngaju dalaes andaw jewue aieng itah!
             Hadiah, untuk diri sendiri berhasil meraih cita-2, saya orang yang berbahagia karena itu!         Camkan, dengan baik-2, kalau abjad dan bahasa Dayak Ngaju sampai hari besok milik kita!
       17. Qitoi jajulok uxaeh induan andue ma’abei bu’a in’upunah, ikaw jeie manggawieqan’ah! =   16. Parusikan bara abjad andue uron-2 andaw male akue ati mamili ije xet, bangat hanjaq! =
             Bilah penjolok perlu diambil untuk meraih buah dipohonnya, kamu yang mengerjakannya!         Permainan dari abjad untuk anak-2 hari kemaren saya ada membeli satu set, sungguh senang!
       18. Raongih oloen maeite’i i y e olih ma’abei bire-2ah bangat diyae parteteiq, buhein cuhaqian? =    17. Qasaek diyae hadar abjad halie ampiah andue andaw tueh baejaer qutak Dayak Ngaju! =
             Reaksi orang melihat d i a bisa meraih cita-2nya sangat tidak percaya, kenapa demikian?          Akibat tidak hafal abjad sulit rupanya untuk hari i n i belajar bahasa Dayak Ngaju!
       19. Satayuh bar’ixeiq weie, andue ma’abei bire-2 akue te’i, einqah rexaf jeie ihapa xatahie tueh? =   18. Rixae xasinde andaw jewue mahining ikaw barqutaek Dayak Ngaju tuntang abjad raiyener! =
             Sekedar bertanya saja, untuk meraih cita-2 saya itu, apakah resef yang dipakai selama i n i?         Asing sekali hari besok mendengar kamu berbahasa Dayak Ngaju dan abjad moderen!
       20. Tajueq andue ma’abei bire-2 haeis intetepqan, aewie ikaw mipen ‘parxaluhan’ huang qabeluman!=   19. Sewut manyepel arae abjad te’i andaw male, aewie qutaek Dayak Ngaju ikaw hindai rentas!=
             Thema untuk meraih cita-2 harus ditetapkan, oleh kamu ingin ‘perubahan’ dalam kehidupan!          Sebut mengeja nama abjad itu hari kemaren, oleh bahasa Dayak Ngaju kamu belum lancar!
       21. Ueqae barqolih maabei bire-2 haeis i y e tuqei, kakal, cangkal huang barqalawohan eilhae qulaes!=   20. Teuh abjad ein arae’ah? ganaen andue andaw tueh haeis jadie rentas barqutaek Dayak Ngaju! =
             Supaya berhasil meraih cita-2 harus d i a rajin, gigih, ulet dalam beraktivitas jangan enggan!         I n i abjad apa namanya? karena untuk hari i n i harus sudah lancar berbahasa Dayak Ngaju!
       22. Vonyah bagawi andue ma’abei kabakolihan, eilhae xaqilaw akue mipen bagawie manjari poen!    21. Ujun-aera oloen Dayak Ngaju andaw jewue narimae-asie aewie ati abjad qutaek Dayak Ngaju! =
             Fokus bekerja untuk meraih keberhasilan, jangan seperti saya ingin bekerja menjadi bos!          Atas-nama orang Dayak Ngaju hari besok terima-kasih oleh ada abjad bahasa Dayak Ngaju!
       23.Wari itah ba’aqat-2 maabei kabarqolihan uxaeh uequngan maepairaqat, eilhae xaqilaw ikaw! =   22. Vanxitarisasi abjad tuntang pajue cuqu quan jadie ati bihin andaw male inhuang qamus! =
             = Mari kita ber’sama-2 meraih keberhasilan perlu dukungan masyarakat, jangan seperti kamu!         Inventarisasi abjad dan kelompok suku kata sudah ada sejak hari kemaren didalam kamus!
       24. Xial buah xuewaet, qasaek’ah diyae olih maabei kabarqolihan i y e, te’i aerra’ah jeie tar’anggoh!=   23. Waeuih qeton ientue abjad tuntang qutaek Dayak Ngaju jeie ati andaw tueh? jadie tarxaniaen? =
             Sial kena masalah, akibatnya tidak bisa meraih keberhasilan d i a, itu namanya yg tertunda!         Takjub anda dengan abjad dan bahasa Dayak Ngaju yang ada hari i n i? sudah tersedia?
       25. Yalutan qalawohan qabeluman akue bangat selhu-mayeilue behat andue maabei kabarqolihan! =   24. Xiempankah abjad,cuqu-quan qutaek Dayak Ngaju andaw jewue manyurat xindemat xampuraka?=
             Rajutan aktivitas kehidupan saya sangat selip-menyelip berat untuk meraih keberhasilan!         Lengkapkah abjad, suku-kata bahasa Dayak Ngaju hari besok menulis kalimat sempurna?
       26. Zabot partanjungan maabei qathematan dalaes xiedie ikaw mauxaehqan bapire nyelo tahie’ah? =   25. Yanteram angat lagaian, abjad jadie xiempan huang qamus qutaek Dayak Ngaju andaw male! =
             Debut perjalanan meraih kesuksesan sampai tamat kamu memerlukan berapa tahun lamanya?         Tentram rasa pikiran, abjad sudah lengkap dalam kamus bahasa Dayak Ngaju hari kemaren!
                                                                                             ( ite paju 129 ).   26. Ziensie abjad huang qamus qutaek Dayak Ngaju andaw tueh bangat gwaktis purah injajar’i!=
                                                                        Efisiensi abjad dalam kamus bahasa Dayak Ngaju hari i n i sangat praktis mudah dipelajari!
                                                                                                                                                               ( ite paju 92 ).
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196