Page 196 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 196

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                         9.
       17).   A  C  O  E   ( kuan galang )            =   HULU - SUNGAI.
           1.  A  c  o  e     q u e h?                       =   Hulu – sungai    mana?   20. Titier-barlinjam oloen bara jereh-qanjereh maguen aerre jeie diyae tawa ein jeie inmaqtubkan acoe
           2.  Acoe  andaw -  m a l e                    =   Hulu - sungai  hari– kemaren             ( Waktu Lampau ).    dalaes andaw-tueh! =  Silih-berganti orang dari generasi-kegenerasi masih banyak yang tidak tau
           3.  Acoe  andaw -  t u e h                      =   Hulu - sungai  hari – i  n  i                ( Waktu Sekarang ).   apa yang dimaksudkan hulu-sungai sampai hari i n i!
           4.  Acoe  andaw -  j e w u e                  =   Hulu – sungai  hari – besok         ( Waktu akan Datang ).   21. Uhxiaxief  xaqilen  xaoloen xalin andue manutorqan ein  jeie inmakqtubkan ienthue acoe qanhung
       Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian   =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   uron-2 dalaes andaw-jewue! =  Inisiatif  sebagai seorang guru untuk menjelaskan apa yang
        1.  Amuni, te’i jadie manjari weet eleam atolah xaining shei’ie baqae ati acoe’ah tagael diyae  olih   dimaksudkan dengan hulu-sungai kepada anak-2 sampai hari-besok!
        andue banama baryayar bara    andaw-male! =  Alami, itu sudah menjadi hukum-alam adalah setiap   22. Vuxuq bara shei’ie atonam hung buanah acoe’ah, amoen buhaq-anum petakah jatun-ati tangqan
        sungai ada hulu-sungainya tetapi tdk bisa utk kapal berlayar dari hari-kemaren!   shei’ie te’i manjari teah bara andaw-male! =  Pusat dari sungai adalah pada bagian hulu-sungainya,
        2.  Bara xolaqah jadie manjari weet-eleam amoen xaining shei’ie ati acoe’ah tuntang ati   kalau sumber-air tanahnya tidak-ada tentu sungai itu menjadi surut dari hari-kemaren!
        bohaqanum’ah xaqilen bohaq-anum itongah bara andaw tueh! =  Dari awalnya sudah menjadi   23. Wojaq peyae ati bohaq-anum petaq in’acoe ati? Wojaq banuwa tarpangun hung metuh  andaw-tueh
        hukum alam kalau setiap sungai ada hulu-sungainya dan ada sumber-airnya sebagai sumber air   te’i jari ati qeya! =  Sejak kapan ada sumber-air tanah dihulu-sungai ada? Sejak bumi terbangun
        utamanya dari hari-i n i!                                 pada saat hari-i n i itu jadi ada juga!
        3.  Ceieq mate akue nampara andaw-jewue aewie haruen weie tawa amoen shei’ie te’i ati acoe’ ah,   24. Xiteasi’ah xareah jadie xaqilaw te’i weet-eleam’ah amoen acoe atonam manjari vuxuq bara shei’ie
        tagael diyae olih inyayari aewie banama! = Celik mata saya mulai hari-besok oleh barusan saja tau   bara bihin-huraen dalaes andaw-jewue! =  Situasinya memang sudah seperti itu Hukum-alamnya
        kalau sungai itu ada hulu-sungainya, tetapi tidak bisa dilayari    oleh kapal!   kalau hulu-sungai adalah menjadi pusat dari sungai dari sejak-dulukala Sampai hari-besok!
        4.  Dalaes andaw-male jahaey-2oloen jeie tawa amoen shei’ie ati acoe’ah tuntang ati bohaq – anum’ah   25. Yayam-yayim bara weet-eleam  jadie ma’atueh acoe xaqilaw te’i dalaes andaw-male,  qalonen
        jeie diyae pujhie qeang! =  Sampai hari- kemaren jarang-2 orang yang tau kalau sungai itu ada hulu-  bayae maiaemi weie! =  Ragam-ragim dari hukum-alam  sudah mengatur hulu-sungai seperti itu
        sungainya dan ada sumber-airnya yang tidak pernah kering!   sampai hari-kemaren,  manusia hanya menikmati saja!
        5.  Eweih weie jeie bara andaw-tueh hindai tawa amoen xaining shei’ie te’i ati acoe’ah tuntang  ati   26. Zeqmat itah qalonen olih mangrabusqan aqal andue malagaiqan ngaqal acoe te’i, dalaes peyaepun
        bohaq-anum tawah’ah? =  Siapa saja yang dari hari-i n i belum tau kalau setiap sungai  itu ada hulu-  lius xaqilaw te’i andaw-tueh qeya! =  Hikmat kita manusia bisa menggunakan logika untuk
        sungainya dan ada sumber-air tawarnya?                    memikirkan proses hulu-sungai itu, sampai kapanpun akan seperti itu hari-i n i  juga!
        6.  Fuetuean xalimbah akue ma’azae bapire xindemat in’ujun heta inqatawahi amoen xaining shei’ie                            ( ite paju 193 ).
        ati acoe’ah bara andaw-jewue!   = Gambaran setelah saya membaca berapa kalimat diatas baru
        diketahui kalau setiap sungai ada hulu-sungainya dari hari-besok!

        7.  Gaboroef anum jeie qalu’a bara bohaq-anum tueh’ah jeie manjari acoe’ah tuntang anum jeie

        mahaxuer te’i dalaes andaw-male diyae pujhie qeang! =  Gejolak air yang keluar dari sumber-air
        inilah yg menjadi hulu-sungainya dan air yang mengalir itu sampai hari-kemaren tidak pernah

        kering!
        8.  Haeis xauraes oloen tawa ein jeie inmakqtufi iexaeng acoe te’i, ueqhae nutor andue xaining  oloen

        jeie jadie man’azae xindemat in’ujun andaw-tueh! =  Harus semua orang tau apa yg dimaksudti
        tentang hulu-sungai itu, supaya jelas untuk setiap orang yang sudah membaca kalimat diatas hari-

        ini!

        9.  Iejoer qadiyae tawaan bangat mahawenqan andue oloen jeie bar’rangan melai inxaranggong
        shei’ie dalaes andaw-jewue buan    jeie diyae tawa ein te’i acoe! =  Faktor ketidak tahuan sangat
        memalukan untuk orang yang bertempat tinggal disepanjang sungai sampai hari-besok bagi yang
        tidak tau apa itu hulu-sungai!
       10. Jahaey-2 ati oloen jeie tawa ein te’i acoe, qinjaf bayae olih manyewutqan weie tagael diyae tawa
        bara andaw-male! =  Jarang-2 ada orang yg tau apa itu hulu – sungai, sering hanya bisa
        menyebutkan saja tetapi tidak tau dari hari-kemaren!
       11. Kabitat bara rangan buhaq-anum acoe shei’ie tangqan biyen gantung bara baeq shei’ieah,  te’i
        manjari weet-eleam dalaes andaw-tueh! =  Habitat dari tempat sumber-air hulu-sungai tentu lebih
        tinggi dari alur sungainya, itu menjadi hukum-alam sampai hari-ini!
       12. Lizitan dehes anum jeie mahaxur bara acoe maampaqan petaq inxarean shei’ie manjari umba
        tarlizitan qeya dalaes andaw-jewue! =  Gerusan arus air yang mengalir dari hulu-sungai
        membuatkan tanah dipinggiran sungai menjadi ikut tergerus juga sampai hari-besok!
       13. Mahien jeie manjari par’iexeiqan oloen aerre buhein acoe te’i maampaqan bohaq-anum bara
        umbaeq petaq bara andaw-male? =  Justru yang menjadi pertanyaan orang banyak ke – napa hulu-
        sungai itu membuatkan sumber-air dari lubang tanah dari dari hari-kemaren?
       14. Nahaef xasinde bohaq-anum tuntang anum-papaq  jeie impompongqan bara acoe  tangqan
        manjariqan xajoah shei’ie dalaes andaw-tueh! =  Mantap sekali sumber-air dan air-hujan yg
        ditampungkan dari hulu-sungai tentu menjadikan sebuah sungai sampai hari-i n i!.
       15. Oziqkan tuntang alaei inthue halaf-2 xelah weet-eleam maatueh anum te’i bara acoe’ah da laes
        mahaxuer qanrangan jeie biyen biwies dalaes andaw-jewue! =  Camkan dan ingat dengan baik-2
        cara hukum-alam mengatur air itu dari hulu-sungainya sampai mengalir  ketempat yang lebih rendah
        sampai hari-besok!
       16. Pompongan buhaq-anum petaq tuntang anum-papaq bara acoe manjariqan xajoah shei’ie dalaes
        andaw-male! =  Tampungan sumber-air tanah dan air-hujan dari hulu-sungai menjadikan sebuah
        sungai sampai hari-besok!
       17. Qaxaeq diyae maqaertie ein jeie inmaqtufi inthue acoe, andaw-tueh uron-2 xaqulae-galang manjari
        tiwas mangrimaqan’ah! = Akibat tidak mengerti apa yang dimaksudti dengan hulu-sungai, hari-i n i
        anak-2 sekolah-dasar menjadi salah mengartikannya!
       18. Raju bapire aerreqah randaqan bohaq-anum in’acoe? Diyae aerre bahutah bayae ijhe atawa ati due
        dalas andaw-jewue! = Lalu berapa banyakah tebaran sumber-air dihulu-sungai? Tidak banyak bia
        sanya hanya satu atau ada dua sampai hari-besok!
       19. Saqarehasa haeis inengaqan harimansie qanhung uron-2 Xaqulae-Galang, Xaqulae Mampenteng
        Partama tuntang Xaqulae Mampenteng Ujun bara andaw-tueh iexaeng ein te’i jeie inmaqtubkan
        acoe dalaes andaw-male! = Senantiasa harus diberikan informasi kepada anak Sekolah-Dasar,
        Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas dari hari-ini tentang apa itu yang
        dimaksudkan hulu-sungai sampai hari-kemaren!
   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201