Page 196 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 196
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
9.
17). A C O E ( kuan galang ) = HULU - SUNGAI.
1. A c o e q u e h? = Hulu – sungai mana? 20. Titier-barlinjam oloen bara jereh-qanjereh maguen aerre jeie diyae tawa ein jeie inmaqtubkan acoe
2. Acoe andaw - m a l e = Hulu - sungai hari– kemaren ( Waktu Lampau ). dalaes andaw-tueh! = Silih-berganti orang dari generasi-kegenerasi masih banyak yang tidak tau
3. Acoe andaw - t u e h = Hulu - sungai hari – i n i ( Waktu Sekarang ). apa yang dimaksudkan hulu-sungai sampai hari i n i!
4. Acoe andaw - j e w u e = Hulu – sungai hari – besok ( Waktu akan Datang ). 21. Uhxiaxief xaqilen xaoloen xalin andue manutorqan ein jeie inmakqtubkan ienthue acoe qanhung
Kuan galang mandinue xolaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : uron-2 dalaes andaw-jewue! = Inisiatif sebagai seorang guru untuk menjelaskan apa yang
1. Amuni, te’i jadie manjari weet eleam atolah xaining shei’ie baqae ati acoe’ah tagael diyae olih dimaksudkan dengan hulu-sungai kepada anak-2 sampai hari-besok!
andue banama baryayar bara andaw-male! = Alami, itu sudah menjadi hukum-alam adalah setiap 22. Vuxuq bara shei’ie atonam hung buanah acoe’ah, amoen buhaq-anum petakah jatun-ati tangqan
sungai ada hulu-sungainya tetapi tdk bisa utk kapal berlayar dari hari-kemaren! shei’ie te’i manjari teah bara andaw-male! = Pusat dari sungai adalah pada bagian hulu-sungainya,
2. Bara xolaqah jadie manjari weet-eleam amoen xaining shei’ie ati acoe’ah tuntang ati kalau sumber-air tanahnya tidak-ada tentu sungai itu menjadi surut dari hari-kemaren!
bohaqanum’ah xaqilen bohaq-anum itongah bara andaw tueh! = Dari awalnya sudah menjadi 23. Wojaq peyae ati bohaq-anum petaq in’acoe ati? Wojaq banuwa tarpangun hung metuh andaw-tueh
hukum alam kalau setiap sungai ada hulu-sungainya dan ada sumber-airnya sebagai sumber air te’i jari ati qeya! = Sejak kapan ada sumber-air tanah dihulu-sungai ada? Sejak bumi terbangun
utamanya dari hari-i n i! pada saat hari-i n i itu jadi ada juga!
3. Ceieq mate akue nampara andaw-jewue aewie haruen weie tawa amoen shei’ie te’i ati acoe’ ah, 24. Xiteasi’ah xareah jadie xaqilaw te’i weet-eleam’ah amoen acoe atonam manjari vuxuq bara shei’ie
tagael diyae olih inyayari aewie banama! = Celik mata saya mulai hari-besok oleh barusan saja tau bara bihin-huraen dalaes andaw-jewue! = Situasinya memang sudah seperti itu Hukum-alamnya
kalau sungai itu ada hulu-sungainya, tetapi tidak bisa dilayari oleh kapal! kalau hulu-sungai adalah menjadi pusat dari sungai dari sejak-dulukala Sampai hari-besok!
4. Dalaes andaw-male jahaey-2oloen jeie tawa amoen shei’ie ati acoe’ah tuntang ati bohaq – anum’ah 25. Yayam-yayim bara weet-eleam jadie ma’atueh acoe xaqilaw te’i dalaes andaw-male, qalonen
jeie diyae pujhie qeang! = Sampai hari- kemaren jarang-2 orang yang tau kalau sungai itu ada hulu- bayae maiaemi weie! = Ragam-ragim dari hukum-alam sudah mengatur hulu-sungai seperti itu
sungainya dan ada sumber-airnya yang tidak pernah kering! sampai hari-kemaren, manusia hanya menikmati saja!
5. Eweih weie jeie bara andaw-tueh hindai tawa amoen xaining shei’ie te’i ati acoe’ah tuntang ati 26. Zeqmat itah qalonen olih mangrabusqan aqal andue malagaiqan ngaqal acoe te’i, dalaes peyaepun
bohaq-anum tawah’ah? = Siapa saja yang dari hari-i n i belum tau kalau setiap sungai itu ada hulu- lius xaqilaw te’i andaw-tueh qeya! = Hikmat kita manusia bisa menggunakan logika untuk
sungainya dan ada sumber-air tawarnya? memikirkan proses hulu-sungai itu, sampai kapanpun akan seperti itu hari-i n i juga!
6. Fuetuean xalimbah akue ma’azae bapire xindemat in’ujun heta inqatawahi amoen xaining shei’ie ( ite paju 193 ).
ati acoe’ah bara andaw-jewue! = Gambaran setelah saya membaca berapa kalimat diatas baru
diketahui kalau setiap sungai ada hulu-sungainya dari hari-besok!
7. Gaboroef anum jeie qalu’a bara bohaq-anum tueh’ah jeie manjari acoe’ah tuntang anum jeie
mahaxuer te’i dalaes andaw-male diyae pujhie qeang! = Gejolak air yang keluar dari sumber-air
inilah yg menjadi hulu-sungainya dan air yang mengalir itu sampai hari-kemaren tidak pernah
kering!
8. Haeis xauraes oloen tawa ein jeie inmakqtufi iexaeng acoe te’i, ueqhae nutor andue xaining oloen
jeie jadie man’azae xindemat in’ujun andaw-tueh! = Harus semua orang tau apa yg dimaksudti
tentang hulu-sungai itu, supaya jelas untuk setiap orang yang sudah membaca kalimat diatas hari-
ini!
9. Iejoer qadiyae tawaan bangat mahawenqan andue oloen jeie bar’rangan melai inxaranggong
shei’ie dalaes andaw-jewue buan jeie diyae tawa ein te’i acoe! = Faktor ketidak tahuan sangat
memalukan untuk orang yang bertempat tinggal disepanjang sungai sampai hari-besok bagi yang
tidak tau apa itu hulu-sungai!
10. Jahaey-2 ati oloen jeie tawa ein te’i acoe, qinjaf bayae olih manyewutqan weie tagael diyae tawa
bara andaw-male! = Jarang-2 ada orang yg tau apa itu hulu – sungai, sering hanya bisa
menyebutkan saja tetapi tidak tau dari hari-kemaren!
11. Kabitat bara rangan buhaq-anum acoe shei’ie tangqan biyen gantung bara baeq shei’ieah, te’i
manjari weet-eleam dalaes andaw-tueh! = Habitat dari tempat sumber-air hulu-sungai tentu lebih
tinggi dari alur sungainya, itu menjadi hukum-alam sampai hari-ini!
12. Lizitan dehes anum jeie mahaxur bara acoe maampaqan petaq inxarean shei’ie manjari umba
tarlizitan qeya dalaes andaw-jewue! = Gerusan arus air yang mengalir dari hulu-sungai
membuatkan tanah dipinggiran sungai menjadi ikut tergerus juga sampai hari-besok!
13. Mahien jeie manjari par’iexeiqan oloen aerre buhein acoe te’i maampaqan bohaq-anum bara
umbaeq petaq bara andaw-male? = Justru yang menjadi pertanyaan orang banyak ke – napa hulu-
sungai itu membuatkan sumber-air dari lubang tanah dari dari hari-kemaren?
14. Nahaef xasinde bohaq-anum tuntang anum-papaq jeie impompongqan bara acoe tangqan
manjariqan xajoah shei’ie dalaes andaw-tueh! = Mantap sekali sumber-air dan air-hujan yg
ditampungkan dari hulu-sungai tentu menjadikan sebuah sungai sampai hari-i n i!.
15. Oziqkan tuntang alaei inthue halaf-2 xelah weet-eleam maatueh anum te’i bara acoe’ah da laes
mahaxuer qanrangan jeie biyen biwies dalaes andaw-jewue! = Camkan dan ingat dengan baik-2
cara hukum-alam mengatur air itu dari hulu-sungainya sampai mengalir ketempat yang lebih rendah
sampai hari-besok!
16. Pompongan buhaq-anum petaq tuntang anum-papaq bara acoe manjariqan xajoah shei’ie dalaes
andaw-male! = Tampungan sumber-air tanah dan air-hujan dari hulu-sungai menjadikan sebuah
sungai sampai hari-besok!
17. Qaxaeq diyae maqaertie ein jeie inmaqtufi inthue acoe, andaw-tueh uron-2 xaqulae-galang manjari
tiwas mangrimaqan’ah! = Akibat tidak mengerti apa yang dimaksudti dengan hulu-sungai, hari-i n i
anak-2 sekolah-dasar menjadi salah mengartikannya!
18. Raju bapire aerreqah randaqan bohaq-anum in’acoe? Diyae aerre bahutah bayae ijhe atawa ati due
dalas andaw-jewue! = Lalu berapa banyakah tebaran sumber-air dihulu-sungai? Tidak banyak bia
sanya hanya satu atau ada dua sampai hari-besok!
19. Saqarehasa haeis inengaqan harimansie qanhung uron-2 Xaqulae-Galang, Xaqulae Mampenteng
Partama tuntang Xaqulae Mampenteng Ujun bara andaw-tueh iexaeng ein te’i jeie inmaqtubkan
acoe dalaes andaw-male! = Senantiasa harus diberikan informasi kepada anak Sekolah-Dasar,
Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas dari hari-ini tentang apa itu yang
dimaksudkan hulu-sungai sampai hari-kemaren!