Page 175 - Huma Betang Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
P. 175

kekeluargaan  dan  kebersamaan  yang  hangat  dan
            menjauhkan  dari  kemungkinan  pertemuan  yang  intens  di
            antara mereka.
                 Keterlibatan langsung antara penyampai (dosen) pesan
            nilai huma betang, penerima (mahasiswa) dan pemelihara
            nilai-nilai  luhur  kearifan  lokal  Suku  Dayak  Kalimantan
            Tengah,  secara  kuat  akan  menjangkarkan  pada  sikap  dan
            kepribadian.  Mengajak  langsung  untuk  melihat  dan
            bercengkerama  bersama  masyarakat  Dayak  di  tempat
            Betang  secara  fisik  masih  berdiri  dan  nilai  masih  dianut
            adalah cara penjangkaran nilai paling efektif.  Hal ini karena
            dalam proses transinternalisasi bukan hanya faktor kognitif
            saja yang kuat dilakukan tetapi juga potensi psikomotor dan
            afektif  mahasiswa  tergugah  untuk  itu.  Penyampai  pesan
            (dosen)  saat  ini  bisa  mengajak  mahasiswa  ke  beberapa
            tempat tersisa dengan kearifan lokal nilai-nila huma betang
            yang  masih  terjaga  seperti  rumah  betang  yang  tersisa  di
            beberapa kabupaten pada saat ini seperti kabupaten Pulang
            Pisau  dan  Kapuas  sebagai  tujuan  destinasi  sekaligus
            reaktualisasi diri dalam proses pembelajaran karyawisata.
                 Akhir dari proses transinternalisasi ini pada akhirnya
            bukan hanya melahirkan pengetahuan dan pemahaman nilai
            saja  tetapi  juga  implentasi  yang  dapat  mahasiswa  jalani
            dalam  kehidupan  sehari-hari.  Falsafah  Betang  sebagai
            sebuah  nilai  luhur  dapat  ditunjukkan  dalam  kehidupan
            sehari-hari  pada  kehidupan  nyata  seperti;  hidup  bersama
            dalam  keragaman.  Keragaman  itu  akan  terlihat  dengan
            bagaimana  mahasiswa  tidak  mempermasalahkan  hidup
            bersama  mereka yang beda  agama, suku  dan status  sosial
            secara ekonomi.
                 Dalam  perspektif  konseling  lintas  budaya,  maka
            konseling  lintas  budaya  merupakan  salah  satu  gerakan
            164 | Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180