Page 171 - Huma Betang Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
P. 171

Oleh karena itu penciptaan kesadaran dapat dilakukan
            dalam  dua  jenjang,  yaitu  pendalaman  dan  pemaduan.
            Pendalaman merupakan hasil belajar berdasarkan informasi
            yang  diterimanya  melalui  proses  tertentu  yang  kemudian
            disimpan  dalam  ingatannya,  dan  pemaduan  merupakan
            penciptaan  makna  yang  menunjukkan  kemampuan  untuk
            menciptakan hubungan bermakna antara beragam gagasan
            dan  konsep  dalam  kehidupan  keberagamaan,  dan  antara
            pengalaman  dan  konteks  pribadi  dengan  konsep.
            Pembelajaran    dalam    konteks   internalisasi   yang
            menghasilkan  kesadaran  dengan  cara;  Eksplorasi  untuk
            mencapai, dan meyakini pemahaman yang benar, interaksi
            dalam berbagai proses dan apresiasi.
            Pertama: Tahap Transformasi Falsafah Huma Betang.
                 Proses  penanaman  nilai-nilai  falsafah  huma  betang
            dalam menanggulangi  krisis identitas  generasi  muda pada
            mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya terus
            diupayakan dari berbagai lini dan sektor. Seluruh kegiatan
            penanaman  diintegrasikan  dalam  materi  perkuliahan
            melalui  kegiatan  pembelajaran,  maupun  pembentukan
            atmosfir  akademik  dengan  pendekatan  yang  universal.
            Penanaman  nilai  falsafah  huma  betang  yaitu  kesetaraan,
            kebersamaan, kejujuran, dan toleransi secara komprehensif
            diyakini akan membentuk pola pemahaman mahasiswa akan
            pentingnya  nilai-nilai  dan  falsafah  huma  betang  untuk
            diterapkan  dalam  kehidupan  sehari-hari  sebagai  sebuah
            nilai utama yang telah dihasilkan oleh para pendahulu dalam
            menjaga kearifan lokal masyarakat Kalimantan Tengah.

                 Pada  tahap  transformasi  ini,  peneliti  melihat  terjadi
            proses penerimaan nilai dari penyampai pesan (dosen) dan
            penerima pesan itu sendiri (mahasiswa). Transfer nilai-nilai
            utama huma betang diperoleh oleh mahasiswa dengan cara
            160 | Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176