Page 167 - Huma Betang Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
P. 167

siswa-siswa   berbagai   tingkat   kemampuan,
                    melakukan  berbagai  kegiatan  belajar  untuk
                    meningkatkan pemahaman mereka tentang materi
                    pelajaran  yang  sedang  dipelajari.  Setiap  anggota
                    kelompok  bertanggung  jawab  untuk  tidak  hanya
                    belajar  apa  yang  diajarkan  tetapi  juga  untuk
                    membantu  rekan  belajar,  sehingga  bersama-sama
                    mencapai  keberhasilan. Semua  Siswa  berusaha
                    sampai   semua    anggota  kelompok    berhasil
                    memahami       dan    melengkapinya.     Model
                    pembelajaran  kooperatif  dikembangkan  untuk
                    mencapai     setidak-tidaknya    tiga   tujuan
                    pembelajaran  yaitu Hasil  belajar  akademik,
                    penerimaan terhadap perbedaan individu, dan
                    pengembangan  keterampilan  sosial.  Prinsip
                    model  pembelajaran  kooperatif  yaitu  1).  Saling
                    ketergantungan  positif;  2).  tanggung  jawab
                    perseorangan; 3). tatap muka; 4). komunikasi antar
                    anggota;  dan  5).  evaluasi  proses  kelompok  (Lie,
                    2000).

                 2.  Pembelajaran  kolaborasi  (Colaboration  Learning)
                    merupakan model pembelajaran yang menerapkan
                    paradigma baru dalam teori-teori belajar (Yufiarti.
                    2003). Pendekatan ini menggambarkan suatu moel
                    pembelajaran  dengan  menumbuhkan  motivasi
                    siswa untuk mampu bekerja sama dalam kelompok-
                    kelompok kecil, sehingga tujuan bersama tercapai.
                    Tujuan  dari  pendekatan  ini  agar  siswa  dapat
                    membangun pengetahuannya melalui dialog, saling
                    membagi informasi antara siswa dan guru.
                 3.  Model  Pembelajaran  CORE.    Model  CORE  ini
                    menggabungkan      empat      unsur    penting
                    konstruktivis,  yaitu  terhubung  kepengetahuan
            156 | Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172