Page 112 - Evaluasi Pembelajaran
P. 112

kumulatif.  Dengan  kata  lain,  suatu  butir  instrumen
                     akan  memiliki  validitas  konstruksi  yang  baik,  jika
                     skor pada butir tersebut ikut berkontribusi terhadap
                     skor total hasil pengukuran.
                        Agar  butir-butir  instrumen  tersebut  saling
                     menopang  satu  sama  lain  dalam  membentuk
                     bangunan  instrumen,  maka  butir-butir  tersebut
                     haruslah   unidimensi.    Butir-butir   unidimensi
                     bermakna butir-butir tersebut memiliki keterkaitan
                     dimensi  pengukuran  atau  indikator  yang  relevan
                     satu  sama  lain.  Jika  butir-butir  unidimensi,  maka
                     skor  kumulatif    yang  diperoleh  peserta  tes  dapat
                     menggambarkan  kemampuan  peserta  tes  secara
                     utuh.
                        Dalam  praktiknya,  validitas  konstruksi  dapat
                     digambarkan  oleh  koefisien  korelasi  antara  skor
                     setiap butir instrumen terhadap skor kumulatif atau
                     skor  total  yang  diperoleh  peserta  tes  atau
                     responden. Dengan asumsi bahwa skor setiap butir
                     dan  skor  totalnya  adalah  data  jenis  interval  dan
                     memenuhi  syarat  uji  statistika  parametrik,  maka
                     rumus  yang  digunakan  untuk  menguji  validitas
                     konstruksi  adalah  rumus  korelasi  product  moment
                     sebagaimana  ditulis  oleh  Glass  &  Hopkins  (1984)
                     sebagai berikut:



                     Keterangan:

                     r : Koefisien korelasi butir yang diuji terhadap
                          skor total
                     X : Skor butir instrumen yang diuji validitasnya
                     Y : Skor total dari keseluruhan butir instrumen
                     N : Jumlah peserta tes atau responden

                                                                   101
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117