Page 109 - Evaluasi Pembelajaran
P. 109

karena  mereka  tidak  memahami  pertanyaan
                      tersebut secara benar.
                   Pilihan  bentuk  instrumen  juga  dipengaruhi  oleh
                   tahapan perkembangan belajar peserta tes. Misalnya,
                   instrumen berbentuk angket terbuka tidaklah cocok
                   diberikan  kepada  peserta  didik  kelas  III  SD.
                   Demikian  pula  penggunaan  angket  tertutup  untuk
                   mengukur  sikap  peserta  didik  kelas  II  SD,  akan
                   menyebabkan  kesulitan  mereka  mengisi  angket
                   karena kesulitan membaca teks.
                     - Apakah  butir-butir  pertanyaan  dalam  instrumen
                      telah  sesuai  dengan  aspek  dan  sub  aspek  hasil
                      belajar  yang  akan  diukur?  Misalnya,  jika  sub
                      aspek hasil yang akan diukur adalah kemampuan
                      memahami  (C2),  maka  butir-butir  tes  yang
                      disusun     hanya    mengukur      kemampuan
                      memahami, bukan kemampuan menerapkan (C3)
                      atau menganalisa (C4).
                     - Apakah     butir-butir    instrumen      telah
                      menggambarkan  keseluruhan  materi  atau  bahan
                      yang akan diukur?. Penting bagi evaluator untuk
                      memastikan  bahwa  butir-butir  instrumen  yang
                      disusun,  memiliki  relevansi  yang  kuat  dengan
                      materi yang hendak diukur, dan untuk apa materi
                      atau bahan tersebut diberikan kepada responden.
                     - Seberapa  sulit  pertanyaan  dalam  instrumen
                      untuk dijawab ?. Untuk instrumen berbentuk tes
                      hasil belajar, maka evaluator harus memprediksi
                      tingkat  kesukaran  butir  tes,  sehingga  tidak  ada
                      butir soal tes yang terlalu sulit untuk dijawab oleh
                      peserta  tes.  Dalam  pengukuran  hasil  belajar,
                      sangat  dianjurkan  untuk  menggunakan  butir-
                      butir tes dengan tingkat kesukaran sedang (Naga,
                      1992).



           98
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114