Page 109 - Evaluasi Pembelajaran
P. 109
karena mereka tidak memahami pertanyaan
tersebut secara benar.
Pilihan bentuk instrumen juga dipengaruhi oleh
tahapan perkembangan belajar peserta tes. Misalnya,
instrumen berbentuk angket terbuka tidaklah cocok
diberikan kepada peserta didik kelas III SD.
Demikian pula penggunaan angket tertutup untuk
mengukur sikap peserta didik kelas II SD, akan
menyebabkan kesulitan mereka mengisi angket
karena kesulitan membaca teks.
- Apakah butir-butir pertanyaan dalam instrumen
telah sesuai dengan aspek dan sub aspek hasil
belajar yang akan diukur? Misalnya, jika sub
aspek hasil yang akan diukur adalah kemampuan
memahami (C2), maka butir-butir tes yang
disusun hanya mengukur kemampuan
memahami, bukan kemampuan menerapkan (C3)
atau menganalisa (C4).
- Apakah butir-butir instrumen telah
menggambarkan keseluruhan materi atau bahan
yang akan diukur?. Penting bagi evaluator untuk
memastikan bahwa butir-butir instrumen yang
disusun, memiliki relevansi yang kuat dengan
materi yang hendak diukur, dan untuk apa materi
atau bahan tersebut diberikan kepada responden.
- Seberapa sulit pertanyaan dalam instrumen
untuk dijawab ?. Untuk instrumen berbentuk tes
hasil belajar, maka evaluator harus memprediksi
tingkat kesukaran butir tes, sehingga tidak ada
butir soal tes yang terlalu sulit untuk dijawab oleh
peserta tes. Dalam pengukuran hasil belajar,
sangat dianjurkan untuk menggunakan butir-
butir tes dengan tingkat kesukaran sedang (Naga,
1992).
98