Page 110 - Evaluasi Pembelajaran
P. 110
- Dalam penyusunan tes hasil belajar, perlu dikaji
tentang seberapa lama jarak waktu antara
penggunaan instrumen dengan pemberian tes?.
Jarak waktu yang terlalu lama antara keduanya,
bisa menyebabkan pembiasan hasil pengukuran.
Artinya, ada kemungkinan peserta tes mampu
menjawab tes dengan benar karena
perkembangan tahapan belajarnya, bukan karena
mereka menguasai materi pelajaran. Selain itu,
jarak waktu yang terlalu lama juga menyebabkan
peserta tes telah lupa tentang materi yang
diajarkan.
c. Membuat kisi-kisi instrumen
Menyusun butir-butir instrumen melalui
pembuatan kisi-kisi instrumen sangat dianjurkan.
Sebagaimana telah dijelaskan pada bagian
sebelumnya, kisi-kisi berfungsi sebagai pemandu
dalam penyusunan instrumen. Kisi-kisi instrumen
akan membantu mengarahkan evaluator untuk
mengukur dengan baik, sehingga validitas
teoretis instrumen dapat ditingkatkan.
d. Melakukan uji pakar atau review teman sejawat.
Uji pakar atau review oleh teman sejawat,
merupakan upaya evaluator untuk memperoleh
pandangan lain tentang kualitas instrumen yang
disusunnya. Adanya pendapat, kritik dan saran
dari para pakar dan teman sejawat, akan
membantu meningkatkan ketelitian evaluator
dalam penyusunan instrumen. Pada penyusunan
butir-butir instrumen yang jumlahnya banyak,
kadangkala evaluator berkurang tingkat
ketelitiannya, sehingga memerlukan pendapat
orang lain. Selain itu, tidak semua evaluator
memahami dengan baik ilmu evaluasi dan teori
pengukuran, sehingga membutuhkan pendapat
99