Page 110 - Evaluasi Pembelajaran
P. 110

- Dalam  penyusunan  tes  hasil  belajar,  perlu  dikaji
                        tentang  seberapa  lama  jarak  waktu  antara
                        penggunaan  instrumen  dengan  pemberian  tes?.
                        Jarak  waktu  yang  terlalu  lama  antara  keduanya,
                        bisa  menyebabkan  pembiasan  hasil  pengukuran.
                        Artinya,  ada  kemungkinan  peserta  tes  mampu
                        menjawab        tes   dengan    benar   karena
                        perkembangan tahapan belajarnya, bukan karena
                        mereka  menguasai  materi  pelajaran.  Selain  itu,
                        jarak waktu yang terlalu lama juga menyebabkan
                        peserta  tes  telah  lupa  tentang  materi  yang
                        diajarkan.
                     c.  Membuat kisi-kisi instrumen
                        Menyusun     butir-butir   instrumen    melalui
                        pembuatan kisi-kisi instrumen sangat dianjurkan.
                        Sebagaimana  telah  dijelaskan  pada  bagian
                        sebelumnya, kisi-kisi berfungsi sebagai pemandu
                        dalam penyusunan instrumen. Kisi-kisi instrumen
                        akan  membantu  mengarahkan  evaluator  untuk
                        mengukur  dengan  baik,  sehingga  validitas
                        teoretis instrumen dapat ditingkatkan.
                     d.  Melakukan uji pakar atau review teman sejawat.
                        Uji  pakar  atau  review  oleh  teman  sejawat,
                        merupakan  upaya  evaluator  untuk  memperoleh
                        pandangan  lain  tentang  kualitas  instrumen  yang
                        disusunnya.  Adanya  pendapat,  kritik  dan  saran
                        dari  para  pakar  dan  teman  sejawat,  akan
                        membantu  meningkatkan  ketelitian  evaluator
                        dalam penyusunan  instrumen.  Pada  penyusunan
                        butir-butir  instrumen  yang  jumlahnya  banyak,
                        kadangkala    evaluator    berkurang    tingkat
                        ketelitiannya,  sehingga  memerlukan  pendapat
                        orang  lain.  Selain  itu,  tidak  semua  evaluator
                        memahami  dengan  baik  ilmu  evaluasi  dan  teori
                        pengukuran,  sehingga  membutuhkan  pendapat


                                                                     99
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115