Page 108 - Evaluasi Pembelajaran
P. 108
tentang kemampuan pembagian pada pecahan
campuran atau kemampuan mengalikan pecahan.
Jika tujuan pengukurannya adalah mengukur
kemampuan peserta tes dalam menjelaskan
penyebab terjadinya hujan, maka butir-butir tes
yang disusun seharusnya menanyakan tentang
penyebab terjadinya hujan, bukan penyebab
terjadinya banjir.
Untuk meneliti relevansi pertanyaan atau
pernyataan setiap butir instrumen dengan tujuan
pengukurannya masing-masing, dibutuhkan
ketelitian dan kehati-hatian evaluator dalam
menyusun butir-butir instrumen. Pilihan kata dan
kalimat yang digunakan dalam butir instrumen
harus tegas, jelas, dan singkat, sehingga benar-benar
relevan dengan tujuan pengukuran.
b. Menyusun butir sesuai dengan karakteristik aspek
dan sub aspek hasil belajar yang akan diukur.
Selain relevansi dengan tujuan pengukuran, validitas
teoretis juga dicapai dengan cara menyusun butir-
butir yang sesuai dengan karakteristik peserta tes
atau responden. Evaluator harus mampu
memperhitungkan karakteristik peserta tes atau
responden, sehingga pola respon mereka dapat
diprediksi. Beberapa pertanyaan yang harus
diperhatikan tentang karakteristik responden ini
antara lain:
- Apakah butir-butir pertanyaan atau pernyataan
dalam instrumen, cocok dengan tahapan
perkembangan belajar peserta tes/responden ?.
Penggunaan kata dan kalimat dalam pertanyaan
instrumen, haruslah bisa difahami. Kadangkala
peserta tes atau responden tidak menjawab
pertanyaan dalam instrumen secara benar,
97