Page 108 - Evaluasi Pembelajaran
P. 108

tentang  kemampuan  pembagian  pada  pecahan
                     campuran  atau  kemampuan  mengalikan  pecahan.
                     Jika  tujuan  pengukurannya  adalah  mengukur
                     kemampuan  peserta  tes  dalam  menjelaskan
                     penyebab  terjadinya  hujan,  maka  butir-butir  tes
                     yang  disusun  seharusnya  menanyakan  tentang
                     penyebab  terjadinya  hujan,  bukan  penyebab
                     terjadinya banjir.

                     Untuk    meneliti   relevansi   pertanyaan    atau
                     pernyataan  setiap  butir  instrumen  dengan  tujuan
                     pengukurannya      masing-masing,      dibutuhkan
                     ketelitian  dan  kehati-hatian  evaluator  dalam
                     menyusun  butir-butir  instrumen.  Pilihan  kata  dan
                     kalimat  yang  digunakan  dalam  butir  instrumen
                     harus tegas, jelas, dan singkat, sehingga benar-benar
                     relevan dengan tujuan pengukuran.
                  b.  Menyusun  butir  sesuai  dengan  karakteristik  aspek
                     dan sub aspek hasil belajar yang akan diukur.
                     Selain relevansi dengan tujuan pengukuran, validitas
                     teoretis  juga  dicapai  dengan  cara  menyusun  butir-
                     butir  yang  sesuai  dengan  karakteristik  peserta  tes
                     atau   responden.    Evaluator    harus    mampu
                     memperhitungkan  karakteristik  peserta  tes  atau
                     responden,  sehingga  pola  respon  mereka  dapat
                     diprediksi.  Beberapa  pertanyaan  yang  harus
                     diperhatikan  tentang  karakteristik  responden  ini
                     antara lain:
                      - Apakah  butir-butir  pertanyaan  atau  pernyataan
                        dalam   instrumen,   cocok   dengan    tahapan
                        perkembangan belajar peserta  tes/responden ?.
                        Penggunaan  kata  dan  kalimat  dalam  pertanyaan
                        instrumen,  haruslah  bisa  difahami.  Kadangkala
                        peserta  tes  atau  responden  tidak  menjawab
                        pertanyaan  dalam  instrumen  secara  benar,



                                                                     97
   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113