Page 52 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 52
diperoleh lewat interaksi antara siswa dengan sumber-sumber
belajar lainnya.
Sebagai salah satu bentuk penerapan prinsip demand driven,
maka dalam pengembangan kurikulum SMK harus melakukan
sinkronisasi kurikulum yang direalisasikan dalam program
Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Dengan melakukan sinkronisasi
kurikulum, penyelengaraan pembelajaran di SMK diupayakan
sedekat mungkin dengan kebutuhan dan kondisi dunia
kerja/industri, serta memiliki relevansi dan fleksibilitas tinggi dengan
tuntutan lapangan. Melalui sinkronisasi kurikulum ini, diharapkan
sekolah dapat membaca keahlian dan performansi apa yang
dibutuhkan dunia usaha atau industri untuk dapat dimasuki oleh
lulusan SMK.
Refleksi
1. Jelaskan pengeritan belajar
2. Jelaskan model pembelajaran di SMK
3. Identifikasi berbagai jenis pembelajaran di SMK
4. Jelaskan tuntutan pembelajaran SMK
5. Jelaskan tuntutan siswa SMK
6. Bagaimana sekolah menghadapi tuntutan menjawab
kebutuhan masyarakat terhadap siswa SMK
7. Upaya apa yang dilakukan sekolah untuk memenuhi tuntutan
pengelolaan SMK
43