Page 52 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 52

diperoleh  lewat  interaksi  antara  siswa  dengan  sumber-sumber
            belajar lainnya.
                  Sebagai salah satu bentuk penerapan prinsip demand driven,
            maka  dalam  pengembangan  kurikulum  SMK  harus  melakukan
            sinkronisasi  kurikulum  yang  direalisasikan  dalam  program
            Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Dengan melakukan sinkronisasi
            kurikulum,  penyelengaraan  pembelajaran  di  SMK  diupayakan
            sedekat  mungkin  dengan  kebutuhan  dan  kondisi  dunia
            kerja/industri, serta memiliki relevansi dan fleksibilitas tinggi dengan
            tuntutan  lapangan.  Melalui  sinkronisasi  kurikulum  ini,  diharapkan
            sekolah  dapat  membaca  keahlian  dan  performansi  apa  yang
            dibutuhkan  dunia  usaha  atau  industri  untuk  dapat  dimasuki  oleh
            lulusan SMK.

            Refleksi

             1.  Jelaskan pengeritan belajar
             2.  Jelaskan model pembelajaran di SMK
             3.  Identifikasi berbagai jenis pembelajaran di SMK
             4.  Jelaskan tuntutan pembelajaran SMK
             5.  Jelaskan tuntutan siswa SMK
             6.  Bagaimana     sekolah    menghadapi     tuntutan    menjawab
                 kebutuhan masyarakat terhadap siswa SMK
             7.  Upaya  apa  yang  dilakukan  sekolah  untuk  memenuhi  tuntutan
                 pengelolaan SMK
















                                                                            43
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57