Page 57 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 57
hasil pembelajaran akan meningkat secara terintegrasi baik pada
aspek kognitif, psikomotor, maupun afektif. Peningkatan hasil
pembelajaran kewirausahaan akan berimbas pada peningkatan
sikap maupun keterampilan kewirausahaan pada siswa.
Berdasarkan komponen CTL dan model pembelajaran yang akan
dikembangkan maka disusun model empirik pembelajaran
kewirausahaan di kelas seperti gambar berikut ini:
Gambar 4.1.
Model Empirik Pembelajaran Kwu-Kop
Kesimpulan
Pemanfaatan Koperasi sekolah, siswa akan terlibat secara
aktif dan dapat digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan
siswa dalam pembelajaran. Siswa dapat menerapkan teori-teori
yang didapat dalam kegiatan pengelolaan Koperasi. Kegiatan
pembelajaran semacam ini dapat berjalan secara efektif, karena
siswa merasa berada dalam kegiatan pembelajaran, sehingga
pembelajaran berlangsung secara kontektual. Dengan
48