Page 57 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 57

hasil  pembelajaran  akan  meningkat  secara  terintegrasi  baik  pada
                           aspek  kognitif,  psikomotor,  maupun  afektif.  Peningkatan  hasil
                           pembelajaran  kewirausahaan  akan  berimbas  pada  peningkatan
                           sikap   maupun     keterampilan   kewirausahaan     pada    siswa.
                           Berdasarkan  komponen  CTL  dan  model  pembelajaran  yang  akan
                           dikembangkan  maka  disusun  model  empirik  pembelajaran
                           kewirausahaan di kelas seperti gambar berikut ini:
























                                                      Gambar 4.1.
                                            Model Empirik Pembelajaran Kwu-Kop

                           Kesimpulan
                                  Pemanfaatan  Koperasi  sekolah,  siswa  akan  terlibat  secara
                           aktif  dan  dapat  digunakan  untuk  mengoptimalkan  kemampuan
                           siswa  dalam  pembelajaran.  Siswa  dapat  menerapkan  teori-teori
                           yang  didapat  dalam  kegiatan  pengelolaan  Koperasi.  Kegiatan
                           pembelajaran  semacam  ini  dapat  berjalan  secara  efektif,  karena
                           siswa  merasa  berada  dalam  kegiatan  pembelajaran,  sehingga
                           pembelajaran     berlangsung     secara    kontektual.    Dengan




                           48
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62