Page 56 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 56

Dalam pelaksanaannya, pendekatan ini menekankan
                   kolaborasi  antara  konselor  dengan  para  personal
                   Sekolah/      Madrasah      lainnya      (pimpinan
                   Sekolah/Madrasah,  guru-guru,  dan  staf  administrasi),
                   orang  tua  konseli,  dan  pihak-pihak  ter-kait  lainnya
                   (seperti  instansi  pemerintah/swasta  dan  para  ahli:
                   psikolog  dan  dokter).  Pendekatan  ini  terintegrasi
                   dengan proses pendidikan di Sekolah/Madrasah secara
                   keseluruhan dalam upaya membantu para konseli agar
                   dapat  mengem-bangkan  atau  mewujudkan  potensi
                   dirinya secara penuh, baik menyangkut aspek pribadi,
                   sosial, belajar, maupun karir.
                      Atas  dasar itu,  maka  implementasi  bimbingan  dan
                   konseling di Sekolah/Madrasah diorientasikan kepada
                   upaya  memfasilitasi  perkembangan  potensi  konseli,
                   yang meliputi as-pek pribadi, sosial, belajar, dan karir;
                   atau  terkait  dengan  pengembangan  pribadi  konseli
                   sebagai       makhluk        yang       berdimensi
                   biopsikososiospiritual  (biologis,  psikis,  sosial,  dan
                   spiritual).





















                                         45
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61