Page 56 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 56
Dalam pelaksanaannya, pendekatan ini menekankan
kolaborasi antara konselor dengan para personal
Sekolah/ Madrasah lainnya (pimpinan
Sekolah/Madrasah, guru-guru, dan staf administrasi),
orang tua konseli, dan pihak-pihak ter-kait lainnya
(seperti instansi pemerintah/swasta dan para ahli:
psikolog dan dokter). Pendekatan ini terintegrasi
dengan proses pendidikan di Sekolah/Madrasah secara
keseluruhan dalam upaya membantu para konseli agar
dapat mengem-bangkan atau mewujudkan potensi
dirinya secara penuh, baik menyangkut aspek pribadi,
sosial, belajar, maupun karir.
Atas dasar itu, maka implementasi bimbingan dan
konseling di Sekolah/Madrasah diorientasikan kepada
upaya memfasilitasi perkembangan potensi konseli,
yang meliputi as-pek pribadi, sosial, belajar, dan karir;
atau terkait dengan pengembangan pribadi konseli
sebagai makhluk yang berdimensi
biopsikososiospiritual (biologis, psikis, sosial, dan
spiritual).
45