Page 63 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 63

Ia  mengatakan  tujuan  dari  hidup  manusia  ialah
            mencapai  individuasi  dengan  mengintegrasikan  aspek
            kepribadian  yang  sadar  dan  tak  sadar.  Supaya  mengalami
            individuasi  atau  keutuhan,  orang  harus  mampu  mengakui
            berbagai  dimensi  dirinya  dan  bersedia  menerima  sisi
            pribadinya. Tradisi agama dan mitosnya, cerita, ritual, dan
            citra  keagamaan  yang  menampakkan  arketip  sangatlah
            membantu  mempercepat  individuasi.  Hubungan  terbuka
            antara kekuatan sadar dan tak sadar sangat penting untuk
            integrasi kepribadian sebagai tanda spiritualitas yang sejati.

                Faktor Perubahan Spiritualitas Seorang Individu
                 Inti  spiritualitas  dalam  keberagamaan  adalah  aspek
            lahir dan aspek batin (eksoteris dan esoteris) ajaran agama
            Islam, baik dalam bentuk ritual keagamaan maupun pesan-
            pesan  moral  yang  terdapat  dalam  sumber-sumber
            ajarannya.  Sedangkan  aktualisasi  nilai-nilai  agama  adalah
            menampilkan  dan  memerankan  nilai-nilai  ajaran  agama
            dalam  prilaku  baik  secara  aktif  maupun  pasif  dalam
            kehidupan  individu  dan  masyarakat.  Kedua  variabel
            tersebut  saling  terkait,  di  mana  pemahaman  dan
            pengamalan inti keberagamaan akan berimplikasi terhadap
            prilaku pemeluk agama dalam berbagai aktivitas kehidupan
            yang  berdimensi  ketuhanan  maupun  dimensi  keduniaan
            (Amin Abdulah, 1996:76)
                 Inti  keberagamaan  baik  dalam  pemahaman  maupun
            dalam  pengamalan  pemeluknya  dapat  dilihat  dari  dua
            kaitan.  Pertama,  kaitannya  dengan  isyarat  Al-Quran  dan
            sunah  Nabi  SAW.  Kedua,  kaitannya  dengan  kepentingan
            pengimplementsian  dalam  pembangunan  nasional  untuk
            mewujudkan  pembangunan  itu  sendiri  dan  tujuan
            pendidikan nasional.


                                      52
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68