Page 56 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 56

peran sebagai perantara (fasilitator).

                5.  Integrasikan antara informasi  karir, assessment
                    technology, pembinaan karir dan konsultasi.
                6.  Sediakan program komunikasi karir yang unggul.
                7.  Sediakan  program  intervensi karir melalui  hubungan
                    dan tantangan kerja.
                8.  Utamakan identitas learner daripada senioritas.
                  Sementara itu, Moses (1999) memberikan saran praktis
              untuk  menghadapi perubahan yang  cepat. Cara-cara untuk
              menghadapi perubahan paradigma ini disebut dengan istilah
              career intelligence (kecerdasan berkarir), sebagai berikut :

                1.  Memastikan    kemampuan      memasarkan      akan
                    ketrampilan  diri.  Kemampuan memasarkan akan
                    ketrampilan diri dapat dibuat melalui: (a) memikirkan
                    apa yang dikerjakan adalah untuk seorang pelanggan,
                    (b) mampu mengenali akan potensi diri baik kelemahan
                    dan kelebihannya serta  bagaimana seseorang dapat
                    menambah nilai pada seorang pelanggan.
                2.  Berfikir  global.  Globalisasi  berarti  sebuah  ekspansi
                    atas  perluasan  kesempatan  pekerjaan  tanpa  dibatasi
                    oleh sebuah  negara.  Dengan  hidup dan bekerja
                    secara internasional akan membantu  seseorang
                    menjadi kaya akan konsep-konsep tidak hanya dalam
                    mekanisme bisnis tetapi juga dalam prinsip hidup dan
                    prinsip  bekerja. Berbagai perusahaan internasional
                    akan  mencari seseorang  yang  mampu  beradaptasi
                    pada  perbedaan  budaya.  Moses  (1999)  menyatakan
                    seseorang yang memiliki ketrampilan  komunikasi
                    yang  baik  akan  bernilai, namun  dengan  kemajuan
                    telekomu-nikasi dan kemungkinan  adanya informasi
                    yang overload pada setiap orang,  maka ketrampilan
                    ini  tidak  cukup  efektif  dan  efisien.  Untuk  itu  harus

                         Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir  43
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61