Page 29 - Belajar & Pembelajaran
P. 29

pengecatan gedung, menata ruang, memperbaiki tata letak hiasan kelas.
              Dalam  hal  ini  siswa  SMP  dan  SMA  dapat  diajak  mengatur  kenyamanan
              kampus sekolah.
          2)  Apakah suasana pergaulan antar-orang tua siswa, pegawai-siswa bersifat
              akrab  dan  tertib?  Setiap  guru  memiliki  kewajiban  ikut  serta  menjaga
              mewujudkan  pergaulan  yang  akrab  dan  tertib.  Peran  guru  adalah
              "membuat rukun" semua warga sekolah.
          3)  Apakah siswa memiliki ruang belajar di rumah? Jika sebagian siswa tidak
              memiliki ruang belajar, maka guru dapat menyusun kelompok belajar dan
              giliran belajar di tempat tertentu. Di samping itu guru juga menyempatkan
              diri  untuk  memantau  kegiatan  siswa  belajar  kelompok  di  luar  kampus
              sekolah.
          4)  Apakah  siswa  memiliki  grup  yang  cenderung  merusak  tertib  pergaulan?
              Jika  ada  siswa  yang  menjadi  anggota  grup  demikian,  guru  berperan
              melakukan pencegahan-pencegahan. Pada tempatnya guru bekerja sama
              dengan orang tua dan pihak lain demi terciptanya pergaulan yang tertib.
              Dari  segi  acara  pembelajaran,  siswa  SMP  dan  SMA  sudah  dapat  diajak
              serta  untuk  menciptakan  suasana  belajar  yang  tertib  demi  keberhasilan
              belajar.

          c.  Media dan Sumber Belajar
              Dewasa ini media dan sumber belajar dapat ditemukan dengan mudah.
          Sawah  percobaan,  kebun  bibit,  kebun  binatang,  tempat  wisata,  museum,
          perpustakaan umum, surat kabar, majalah, radio, sanggar seni, sanggar olah
          raga, televisi dapat ditemukan di dekat kampus sekolah. Di samping itu buku
          pelajaran, buku bacaan, dan laboratorium sekolah juga tersedia semakin baik.
          Guru  berperan  penting  dalam  memanfaatkan  media  dan  sumber  belajar
          tersebut.  Beberapa  pertimbangan  dalam  pemanfaatan  media  dan  sumber
          belajar tersebut adalah sebagai berikut:
          1)  Apakah media dan sumber belajar tersebut bermanfaat untuk mencapai
              sasaran belajar? Jika ya, maka guru perlu menghubungi pemilik media dan
              sumber belajar di luar kampus sekolah.
          2)  Apakah isi pengetahuan yang ada di surat kabar, majalah, radio, televisi,
              museum,  kantor-kantor  dapat  dimanfaatkan  untuk  pokok  bahasan
              tertentu? Jika ya, maka guru perlu menugasi siswa untuk mempelajari isi
              pengetahuan  tersebut  Sebagai  ilustrasi,  guru  dapat  memanfaatkan  isi
              siaran  pengajaran  bahasa  Arab,  bahasa  Indonesia,  bahasa  Inggris  pada
              acara siaran televisi tiap minggu.



          22 | Belajar dan Pembelajaran
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34