Page 30 - Belajar & Pembelajaran
P. 30
3) Apakah isi pengetahuan di kebun bibit, kebun binatang, perpustakaan
umum ada yang bermanfaat bagi pokok bahasan tertentu? Jika ya, maka
guru dapat memprogram pembelajaran di tempat tersebut. Dalam hal ini
guru dapat melakukan karya wisata terprogram.
Secara singkat dapat dikemukakan bahwa guru dapat membuat program
pembelajaran dengan memanfaatkan media dan sumber belajar di luar
sekolah. Pemanfaatan tersebut bermaksud meningkatkan kegiatan belajar,
sehingga mutu hasil belajar semakin meningkat (Woolkfolk & Nicolich, 1984:
307-338).
d. Guru sebagai Subjek Pembelajar
Guru adalah subjek pembelajar siswa. Sebagai subjek pembelajar guru
berhubungan langsung dengan siswa. Siswa SLTP dan SLTA adalah merupakan
pribadi-pribadi yang sedang berkembang. Siswa SLTP dan SLTA tersebut
memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda. Guru dapat menggolong-
golongkan motivasi belajar siswa tersebut. Kemudian guru melakukan
penguatan-penguatan pada motivasi instrumental, motivasi sosial, motivasi
berprestasi, dan motivasi intrinsik siswa.
Guru memiliki peranan penting dalam acara pembelajaran. Di antara
peranan guru tersebut adalah sebagai berikut:
1) Membuat desain pembelajaran secara tertulis, lengkap, dan menyeluruh.
2) Meningkatkan diri untuk menjadi seorang guru yang berkepribadian utuh.
3) Bertindak sebagai guru yang mendidik.
4) Meningkatkan profesionalitas keguruan.
5) Melakukan pembelajaran sesuai dengan berbagai model pembelajaran
yang disesuaikan dengan kondisi siswa, bahan belajar, dan kondisi sekolah
setempat. Penyesuaian tersebut dilakukan untuk peningkatan mutu
belajar.
6) Dalam berhadapan dengan siswa, guru berperan sebagai fasilitas belajar,
pembimbing belajar, dan pemberi balikan belajar. Dengan adanya peran-
peran tersebut, maka sebagai pembelajar guru adalah pembelajar
sepanjang hayat (Winkel, 1991; Monks, Knoers, Siti Rahayu, 1989; Biggs &
Telfer, 1987).
Hakikat Belajar dan Pembelajaran | 23