Page 30 - Belajar & Pembelajaran
P. 30

3)  Apakah  isi  pengetahuan  di  kebun  bibit,  kebun  binatang,  perpustakaan
              umum ada yang bermanfaat bagi pokok bahasan tertentu? Jika ya, maka
              guru dapat memprogram pembelajaran di tempat tersebut. Dalam hal ini
              guru dapat melakukan karya wisata terprogram.

              Secara singkat dapat dikemukakan bahwa guru dapat membuat program
          pembelajaran  dengan  memanfaatkan  media  dan  sumber  belajar  di  luar
          sekolah.  Pemanfaatan  tersebut  bermaksud  meningkatkan  kegiatan  belajar,
          sehingga mutu hasil belajar semakin meningkat (Woolkfolk & Nicolich, 1984:
          307-338).

          d.  Guru sebagai Subjek Pembelajar
              Guru  adalah  subjek  pembelajar  siswa.  Sebagai  subjek  pembelajar  guru
          berhubungan langsung dengan siswa. Siswa SLTP dan SLTA adalah merupakan
          pribadi-pribadi  yang  sedang  berkembang.  Siswa  SLTP  dan  SLTA  tersebut
          memiliki  motivasi  belajar  yang  berbeda-beda.  Guru  dapat  menggolong-
          golongkan  motivasi  belajar  siswa  tersebut.  Kemudian  guru  melakukan
          penguatan-penguatan  pada  motivasi  instrumental,  motivasi  sosial,  motivasi
          berprestasi, dan motivasi intrinsik siswa.
              Guru  memiliki  peranan  penting  dalam  acara  pembelajaran.  Di  antara
          peranan guru tersebut adalah sebagai berikut:
          1)  Membuat desain pembelajaran secara tertulis, lengkap, dan menyeluruh.
          2)  Meningkatkan diri untuk menjadi seorang guru yang berkepribadian utuh.
          3)  Bertindak sebagai guru yang mendidik.
          4)  Meningkatkan profesionalitas keguruan.
          5)  Melakukan  pembelajaran  sesuai  dengan  berbagai  model  pembelajaran
              yang disesuaikan dengan kondisi siswa, bahan belajar, dan kondisi sekolah
              setempat.  Penyesuaian  tersebut  dilakukan  untuk  peningkatan  mutu
              belajar.
          6)  Dalam berhadapan dengan siswa, guru berperan sebagai fasilitas belajar,
              pembimbing belajar, dan pemberi balikan belajar. Dengan adanya peran-
              peran  tersebut,  maka  sebagai  pembelajar  guru  adalah  pembelajar
              sepanjang hayat (Winkel, 1991; Monks, Knoers, Siti Rahayu, 1989; Biggs &
              Telfer, 1987).











                                                  Hakikat Belajar dan Pembelajaran | 23
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35