Page 24 - Belajar & Pembelajaran
P. 24

Walaupun  ada  kritik-kritik  tentang  taksonomi  Bloom,  kiranya  taksonomi
          tersebut  masih  dapat  dipakai  untuk  mempelajari  jenis  perilaku  dan
          kemampuan internal akibat belajar.
              Ranah  kognitif  (Bloom,  dkk.)  terdiri  dari  enam  jenis  perilaku  sebagai
          berikut:
          1)  Pengetahuan,  mencapai  kemampuan  ingatan  tentang  hal  yang  telah
              dipelajari  dan  tersimpan  dalam  ingatan.  Pengetahuan  itu  berkenaan
              dengan fakta, peristiwa, pengertian, kaidah, teori, prinsip, atau metode.
          2)  Pemahaman, mencakup kemampuan menangkap arti dan makna tentang
              hal yang dipelajari.
          3)  Penerapan,  mencakup  kemampuan  menerapkan  metode  dan  kaidah
              untuk menghadapi masalah yang nyata dan baru. Misalnya, menggunakan
              prinsip.
          4)  Analisis, mencakup kemampuan merinci suatu kesatuan ke dalam bagian-
              bagian  sehingga  struktur  keseluruhan  dapat  dipahami  dengan  baik.
              Misalnya mengurangi masalah menjadi bagian yang telah kecil.
          5)  Sintesis,  mencakup  kemampuan  membentuk  suatu  pola  baru.  Misalnya
              kemampuan menyusun suatu program kerja.
          6)  Evaluasi, mencakup kemampuan membentuk pendapat tentang beberapa
              hal  berdasarkan  kriteria  tertentu.  Misalnya,  kemampuan  menilai  hasil
              karangan.

              Keenam jenis perilaku ini bersifat hierarkis, artinya perilaku pengetahuan
          tergolong  terendah,  dan  perilaku  evaluasi  tergolong  tertinggi.  Perilaku  yang
          terendah  merupakan  perilaku  yang  "harus"  dimiliki  terlebih  dahulu  sebelum
          mempelajari  perilaku  yang  lebih  tinggi.  Untuk  dapat  menganalisis  misalnya,
          siswa harus memiliki pengetahuan, pemahaman, penerapan tertentu.
              Siswa  yang  belajar  akan  memperbaiki  kemampuan  internalnya.  Dari
          kemampuan-kemampuan  awal  pada  pra-belajar,  meningkat  memperoleh
          kemampuan-kemampuan  yang  tergolong  pada  keenam  jenis  perilaku  yang
          didikan di sekolah.
              Ranah afektif (Krathwohl & Bloom, dkk.) terdiri dari lima perilaku-perilaku
          sebagai berikut:
          1)  Penerimaan,  yang  mencakup  kepekaan  tentang  hal  tertentu  dan
              kesediaan memperhatikan hal tersebut Misalnya, kemampuan mengakui
              adanya perbedaan-perbedaan.
          2)  Partisipasi,  yang  mencakup  kerelaan,  kesediaan  memperhatikan,  dan
              berpartisipasi  dalam  suatu  kegiatan.  Misalnya,  mematuhi  aturan,  dan
              berpartisipasi dalam suatu kegiatan.



                                                  Hakikat Belajar dan Pembelajaran | 17
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29