Page 50 - Makna Sosial Burung Enggang
P. 50

sementara yang lain cenderung ke arah pembedaan (dan dengan
             demikian ke eksentrisitas dan pembangkangan), tetapi aliran
             mode membutuhkan kedua kecenderungan yang kontradiktif ini
             untuk bekerja. Singkatnya, Simmel berpendapat bahwa kita perlu
             mendalilkan dua dorongan radikal yang dia kaitkan dengan sifat
             manusia

                 Simmel (Benvenuto, 2000) menyatakan bahwa  fashion
             sebagai wujud aktivitas yang bermacam-macam dari kelompok
             individu dalam setiap hubungan sosial ada dua kekuatan yang
             bekerja: satu mendorong kita untuk mengikat diri kita dengan
             orang lain melalui peniruan, dan yang lain mendorong kita untuk
             melepaskan diri dari orang lain, untuk membatalkan jaringan
             sosial, melalui perbedaan. Tetapi kehidupan sosial berubah sejauh
             keseimbangan antara kekuatan sosialisasi dan kekuatan de-
             sosialisasi selalu tidak stabil dan sementara. Fashion adalah contoh
             cara di mana kehidupan sosial yang sebenarnya selalu mencakup
             kebalikannya, kehidupan asosial. Seperti yang dikatakan Kant,
             masyarakat  didasarkan  pada  ungesellige  geselligkeit,  "sosialitas
             yang tidak ramah”.
                 Simmel (Benvenuto, 2000) menyatakan bahwa  fashion
             muncul sebagai bentuk diferensiasi kelas dalam masyarakat yang
             relatif terbuka. Dalam masyarakat seperti itu, kelas elit berusaha
             membedakan  dirinya  dengan  tanda  atau  lambang  yang  dapat
             diamati, seperti bentuk pakaian yang khas. Namun, anggota kelas
             yang langsung tunduk mengadopsi lambang ini sebagai sarana
             untuk memuaskan upaya mereka untuk mengidentifikasi dengan
             status yang lebih tinggi. Mereka, pada gilirannya, ditiru oleh
             anggota kelas di bawahnya. Dengan cara ini, lambang pembeda
             dari kelas elit menyaring melalui piramida kelas. Dalam proses
             ini, bagaimana pun, kelas elit kehilangan tanda-tanda identitas
             yang terpisah ini. Fashion dianggap muncul dalam bentuk gaya
             yang membatasi kelompok elit. Gaya-gaya ini secara otomatis



                         Makna Sosial Burung Enggang dalam Batik Masyarakat Dayak... |  37
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55